Manado diganjar Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima penghargaan Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Di penghujung tahun 2018 ini, Kota Manado kembali diganjar penghargaan bergengsi. Kali ini, apresiasi datang dari Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang menempatkan Kota Manado pada Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018 dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik kabupaten/kota se-Sulawesi Utara.

Penghargaan itu diterima langsung Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diwakili Kepala Biro Organisasi DR Glady Kawatu SH MSi di Ballroom Hotel Swissbel Maleosan, Jl Sudirman Manado, Kamis 13 Desember 2018 siang.

Ketua KIP Sulut Andre Mongdong mengatakan, penilaian keterbukaan publik merupakan salah satu indikator untuk mengukur sejauh mana keterlibatan pemerintah daerah dalam penyampaian informasi kepada masyarakat melalui teknologi yang ada. “Kami mendorong Pemda untuk melakukan terobosan dalam memberikan informasi yang terbuka kepada masyarakat,” tukasnya.

Sementara, Komisioner KIP Sulut Ready Sumual menjelaskan penilaian keterbukaan informasi publik dilakukan pada 15 kabupaten/kota di Sulut sejak Agustus-November 2018. Sesuai penilaian tersebut, ada enam kabupaten/kota yang masuk nominasi dan Kota Manado menempati Peringkat Pertama dengan nilai 88,06.

“Penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Sulawesi Utara melalui monitoring dan evaluasi dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik kepada 15 Kabupaten/kota, berdasarkan penilaian yang dilakukan selama bulan Agustus sampai dengan November 2018,” ujar Sumual.

Untuk peringkat kedua ditempati Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan nilai 87,73, disusul Kota Kotamobagu pada peringkat ketiga dengan perolehan nilai 85,42. Sedangkan, peringkat keempat sampai keenam ditempati Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Bitung dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kota Manado sendiri dinilai sebagai daerah dengan informasi paling terbuka ke publik dan masuk kategori ‘Menuju Informatif’.

Kepada sejumlah wartawan usai menerima penghargaan, Walikota GSVL mengatakan prestasi yang diraih Kota Manado menjadi tantangan untuk lebih meningkatkan inovasi terkait keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

“Terima kasih kami kepada Komisi Informasi Publik yang memberikan penghargaan dan menempatkan Manado pada peringkat pertama. Ini adalah tantangan bagi kami untuk lebih bekerja keras meningkatkan inovasi tentang keterbukaan informasi publik kepada masyarakat Kota Manado,” ujar Walikota GSVL yang turut didampingi Kabag Pemerintahan dan Humas Manado Steven Runtuwene SSos.(DONWU)

Baca Juga:  Tengah malam, Walikota GSVL dan JPAR temui korban banjir di Mahawu-Bailang

4 tanggapan untuk “Manado diganjar Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018

  • 21 Juni 2020 pada 10:57
    Permalink

    Thank you a bunch for sharing this with all people you actually realize
    what you’re speaking approximately! Bookmarked. Please additionally
    discuss with my website =). We can have a hyperlink alternate arrangement
    between us

  • 27 Juni 2020 pada 06:27
    Permalink

    Incredible points. Great arguments. Keep up
    the great effort.

  • 28 Juni 2020 pada 08:48
    Permalink

    Does your site have a contact page? I’m having trouble locating it
    but, I’d like to shoot you an e-mail. I’ve got some creative ideas for your
    blog you might be interested in hearing. Either way,
    great blog and I look forward to seeing it develop over time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.