Minta data pejabat Pemkot Manado yang dilantik, BKD ‘pingpong’ para jurnalis

  •  
  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  

MANADO, BERITASULUT. CO. ID – Sore hari ini, Kamis 13 September 2018, Walikota Manado melalalui Surat Keputusannya telah melantik lebih dari 100 pejabat eselon III dan IV yang mengisi job Pejabat Pengawas dan Pejabat Administrator di lingkup Pemkot Manado.

Pelantikan yang dilakukan di Ruang Serbaguna Lt.2 Kantor Walikota Manado, Jl Balaikota Tikala, dipimpin langsung Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, disaksikan Asisten III Frans Mawitjere SH, Inspektur Drs Hans Tinangon msc, dan sejumlah pejabat Pemkot lainnya.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah berjalan lancar. Sayangnya, usai pelantikan saat para jurnalis hendak meminta nama-nama pejabat yang dilantik, pihak Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) -dulunya BKD-, enggan memberikannya alias tertutup.

Saling lempar tanggung-jawab pun terjadi. Dimulai dari Ruang Serbaguna, gelagat sudah mulai tak sedap. “So bawa ke atas (ruang BKPP, red),” ujar salah satu staf. “Ato tanya jo pa Pak Sek (menunjuk Sekretaris BKPP),” sambung oknum pegawai perempuan.

Para jurnalis pun menuju ke Sekretaris BKPP Berty Tulung SSos. “Ya, nyanda ada pa kita,” jawabnya singkat. Seorang pegawai BKPP lainnya pun menyarankan ke Kantor BKPP karena SK-nya sudah di bawa. Para jurnlis pun mengejar hingga ke Kantor BKPP di lt.4 Kantor Walikota.

Jawaban yang didapat sungguh mengecewakan para jurnalis.

“Nda dapa, dorang so pingpong sana sini pa torang. Padahal torang mo minta for informasi ke publik,” ujar Kim, salah satu jurnalis, dengan nada dan raut muka kecewa.

“Kalo kwa blum baca tu SK kong torang minta, itu katu nda bisa. Mar ini kan so baca, jadi wajar kalo wartawan minta data,” sambung Angky, jurnalis lainnya.

Baca Juga:  Wawali Mor: Pejabat jangan nafsu besar tenaga kurang

Keterbukaan informasi publik yang selama ini ditunjukkan Walikota dan Wakil Walikota Manado rupanya belum diikuti semua ASN di Pemkot Manado. Apalagi jelas tertuang di Komitmen 953 yang menjadi pegangan semua pejabat dan ASN Pemkot Manado.(DONWU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.