PAW pluralisme di DPRD Sulut, Pendeta Sumolang resmi diganti Haji Dunggio

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw memasangkan pin kepada Arifin Dunggio. Inzet: Denny Sumolang.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Sulut dapil Bitung-Minut dari PKPI, Pendeta Denny Sumolang, akhirnya tuntas. Proses yang cukup lama dan memakan waktu setahun lebih untuk memproses PAW Sumolang, padahal dirinya sendiri yang mundur dari DPRD Sulut.

Tahun 2017 lalu, tepatnya bulan Mei, Sumolang mengajukan surat pengunduran diri sebagai Anggota DPRD Sulut. Dan, Rabu 31 Oktober 2018, Pendeta Sumolang resmi digantikan Haji Arifin Dunggio.

Pelantikan Dunggio dilakukan Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw SE dalam Sidang Paripurna Istimewa di gedung DPRD Sulut, Jalan Raya Manado-Bitung, Kairagi Satu, Kota Manado.

“Saya berharap Pak Arifin Dunggio bisa menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota dewan dengan baik,” ujar Angouw.

Adapun Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya menyebut bahwa momentum PAW kali ini terasa fenomenal.

“Ini PAW pluralisme, pak pendeta digantikan oleh pak haji. Inilah Sulut, daerah yang kita kenal toleransinya sangat tinggi, saya harap ini harus kita jaga di NKRI,” tutur Olly.

Diketahui, Denny Sumolang mengambil sikap mundur sebagai legislator di DPRD Sulut dengan beberapa alasan, antara lain sebagai bentuk dukungan moril dan doa kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sebagai pejuang kebenaran yang harus dikalahkan dan dipenjarakan.

Kemudian penghormatan atas mentor politik almarhum Hanny Sondakh, karena telah mengajak dan memberi kepercayaan kepada dirinya untuk masuk PKPI sejak tahun 2007, dan menyadari jika kursi DPRD yang ditempatinya bukanlah milik pribadi.

Sebab, kursi dan jabatan sebagai anggota DPRD Sulut bukan murni dari capaian elektabilitas hingga memenuhi kuota bilangan pembagi pemilih di dapil Sulut II yakni Minut-Bitung.

“Karena itu, harus diberikan juga hak kepada teman-teman yang mendukung hingga PKPI punya capaian untuk memiliki kursi di DPRD Sulut,” ujar Sumolang.(*/STEV)

Baca Juga:  Anggota DPRD Sulut Ayub Ali Albugis gelar reses I di Sindulang Satu, ini keluhan warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.