Rekrutmen CPNS 2018, Tumbelaka: Pemerintah jangan tertutup!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Direktur Eksekutif TAC, Taufik Tumbelaka.(foto: beritasulut.co.id)

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 akan dibuka Rabu 19 September 2018 besok di portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni sscn.bkn.go.id. Di portal tersebut juga terdapat informasi perihal instansi yang membuka lowongan, formasi, jabatan, hingga persyaratan CPNS 2018 akan benar-benar disampaikan.

Calon pelamar pun akan segera dapat melakukan pengunggahan berkas dan juga foto. Selain itu, calon pelamar juga dapat memilih instansi jabatan yang akan didaftarnya. Sebelum pendaftaran dibuka, alangkah baiknya menyiapkan dokumen yang kemungkinan besar akan menjadi syarat pendaftaran. Perhatikan juga mengenai ukuran foto dan dokumen lain yang nantinya akan diunggah di portal sscn.bkn.go.id.

Kendati pendaftaran rekrutmen CPNS kali ini dilakukan melalui website resmi BKN, namun Direktur Eksekutif Tumbelaka Academic Centre (TAC), Taufik Tumbelaka, tetap curiga masih akan ada calo yang menggunakan kesempatan ini.

“Untuk itu sikap profesional perlu dikedepankan dalam upaya mencegahnya, karena berpotensi merusak prosesnya,” ujar Bang Taufik, sapaan akrabnya, Selasa 18 September 2018 siang.

Secara umum, Taufik menilai bahwa pada prinsipnya rekrutmen CPNS itu bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan organisasi guna menjaga dan meningkatkan kinerja pemerintah khususnya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia (SDM).

“Maka agar tujuan utama dari langkah rekrutmen terjadi perlu proses yang transparan agar mendapat beroleh SDM yang sesuai harapan,” ujarnya.

Transparan yang dimaksudnya adalah, ketika beberapa pemerintah Kota/Kabupaten sudah dengan terbuka memberikan informasinya ke masyarakat soal formasi, namun masih ada juga pemerintah Kota/Kabupaten lainnya yang tetap tertutup. “Yang tertutup begini yang tidak baik. Jadi Pemerintah jangan tertutup,” tandas Taufik.(DONWU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.