Upacara Sumpah Pemuda di Kota Manado digelar 29 Oktober

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kadispora Manado, Laurens Umboh.

MANADO, BERITASULUT – Setiap tahun, hari Sumpah Pemuda 28 Oktober selalu disemarakkan oleh berbagai kegiatan, mulai dari menggelar upacara bendera di instansi-instansi, pemberian penghargaan, dan kegiatan lainnya yang menunjukkan semangat kepemudaan. 

Pemerintah pun selalu memberikan anugerah dan penghargaan tingkat nasional untuk para pemuda pelopor di berbagai bidang, seperti pendidikan, teknologi, pangan, agama dan sosial budaya, serta bidang sumber daya alam dan pariwisata.

Di Kota Manado sendiri, upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 ini nanti akan digelar Senin 29 Oktober 2018. Lokasi upacara di lapangan Sparta Tikala, Manado.

“Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, untuk Kota Manado nanti digelar hari Senin 29 Oktober,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Manado, Laurens Umboh SSos, Kamis 24 Oktober 2018 malam.

Alasan dilakukan Senin, karena 28 Oktober 2019 bertepatan hari minggu, hari beribadah gereja umat Kristen.

Adapun peserta upacara seluruh organisasi kepemudaan di Kota Manado, dan seluruh pegawai eselon IV, III, II, Camat, Lurah lingkup Pemkot Manado, serta TNI dan POLRI.

“Untuk OKP di bawah koordinasi KNPI, sementara pegawai Pemkot, TNI dan POLRI, di bawah koordinasi Forkompimda,” ujar Umboh.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober, didasarkan atas peristiwa Kongres Pemuda II di Jakarta tahun 1928, dimana pada hari itu para pemuda dari berbagai daerah berkumpul dan bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. 

Peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia ini melahirkan ikrar dari para pemuda lintas wilayah, yaitu SATU TANAH AIR, SATU BANGSA, dan SATU BAHASA.(DONWU)

.

 

Baca Juga:  Pemkot Manado kirimkan bantuan tahap II ke Palu dan Donggala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.