Wabup Legi sebut nama Presiden Jokowi dalam giat pemanfaatan HL dan wisata Gunung Soputan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

TOULUAAN, BERITASULUT.co.id – Mendukung program pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam pengembangan pariwisata, Direktur Utama PT. Viola Fibres Internasional, Ikmawan Prakasa, menggelar diskusi terkait pemanfaatan hutan lindung (HL) dan potensi wisata di Gunung Soputan serta wilayah Kecamatan Silian Raya.

Kegiatan yang menghadirkan stakeholder terkait, diantaranya Kadis Kehutanan Provinsi Sulut Reiner Dondokambey, Kadis Perijinan Hans Mokat, Kadis Pariwisata Sartje Taogan, Camat Silian Raya Meike Solang, akademisi Unsrat, para hukum tua, ormas serta unsur pers, agenda tersebut secara langsung dibuka Wakil Bupati Mitra, Jocke Legi, Jumat (23/10/2020) di Resto Senayan, Desa Lobu, Kecamatan Touluaan.

Dalam giat, Jocke Legi pun menceritakan saat dirinya ditugaskan Bupati James Sumendap untuk menghadiri pertemuan dengan presiden di istana negara beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Ia diberikan kesempatan memaparkan potensi pariwisata di Kabupaten Minahasa Tenggara dihadapan presiden dan sejumlah menteri serta bupati dan walikota se-Indonesia. Hal pertama yang Ia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo adalah potensi wisata Gunung Soputan, Kebun Raya Megawati Soekarno Putri serta Pantai Lakban.

“Mendengar apa yang saya sampaikan, Pak Presiden langsung mencatatnya melalui laptop yang digunakan. Artinya apa, hal tersebut menandakan bagaimana pemerintah pusat melalui presiden sangat merespon pengembangan potensi wisata di Gunung Soputan dan wilayah lain di Kabupaten Minahasa Tenggara,” kata Legi.

Lebih lanjut dikatakan Legi, sejak saat itu dirinya secara intens mengunjungi Kecamatan Silian Raya guna menggenjot pengembangan kawasan wisata Gunung Soputan.

“Alam yang begitu luar biasa sudah tersaji dan tinggal kita mempolesnya sehingga mendatangkan income bagi daerah secara khusus untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Legi.

Lanjut Legi, lewat forum diskusi yang sangat baik dalam rangka pengembangan potensi wisata, pemerintah daerah akan terus memberikan support dan dukungan.

Baca Juga:  Rudi Hartono tegaskan anggota Polri harus netral dalam Pilkada

“Salah satu bukti nyata yaitu terminal transit dan pekerjaan ruas jalan menuju kawasan Gunung Soputan yang telah selesai dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Semua itu bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebut Legi.

Diakhir sambutan, Legi menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada PT. Viola Fibres Internasional yang begitu peduli terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Terima kasih juga kepada para hukum tua yang telah mengalokasikan anggaran dana desa senilai Rp150 juta per desa untuk pengembangan pariwisata Gunung Soputan melalui Bumdes,” tukas Legi. (HENGLY)