Pilkada 2020: Anak-menantu Jokowi menang, anak Ma’ruf dan keponakan Prabowo kalah

  • Bagikan
Putra Presiden Jokowi Calon Walikota Solo Gibran Rakabuming dan Putri Wapres Ma’aruf Amin Calon Walikota Tangsel Siti Nur Azizah.
Putra Presiden Jokowi Calon Walikota Solo Gibran Rakabuming dan Putri Wapres Ma’aruf Amin Calon Walikota Tangsel Siti Nur Azizah.

JAKARTA, BERITASULUT.co.id – Hitung cepat (quick count/QC) hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 sudah diketahui publik. Di antara ratusan daerah peserta pilkada, ada diantaranya yang diikuti oleh petinggi negeri ini.

Sebut saja anak dan menantu dari Presiden Joko Widodo, anak dari Wakil Presiden Ma’aruf Amin, keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan pejabat lainnya. Hasil QC tersebut menunjukkan hasil berbeda yang dialami kerabat petinggi tersebut.

Seperti diketahui, anak sulung Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming Raka merupakan calon Walikota Solo berpasangan dengan calon Wakil Walikota Teguh Prakosa. Sementara menantu Jokowi, Bobby Nasution adalah calon Walikota Medan berpasangan dengan calon Wakil Walikota Aulia Rachman.

Ada pula putri Ma’ruf, Siti Nur Azizah yang berlaga di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai calon Walikota Tangsel berpasangan dengan calon Wakil Walikota Ruhamaben.

Masih di Pilkada Tangsel, ada keponakan Prabowo yang juga ikut bertarung, yaitu Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Ia merupakan calon Wakil Walikota Tangsel yang berpasangan dengan calon Walikota Muhamad.

Pencoblosan sudah berlangsung 9 Desember 2020 dan hasilnya mulai terlihat lewat hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei. Ada pula calon yang langsung mendeklarasikan kemenangan di hari pemilihan itu juga.

Hasilnya, keluarga Jokowi yaitu Gibran dan Bobby bisa bernapas lega karena unggul versi hitung cepat. Di sisi lain, anak Ma’ruf dan keponakan Prabowo tak mendapatkan hasil memuaskan.

Berdasarkan hitung cepat Charta Politika di Pilkada Solo, Gibran-Teguh Prakosa meraih 87,21% suara, unggu jauh atas pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo yang hanya memperoleh 12,79%.

Masih berdasarkan hitung cepat Charta Politika di Pilkada Medan, Bobby-Aulia meraih 54,29% suara. Sementara lawannya yaitu Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat 45,71%.

Baca Juga:  Pesan Sinode GMIM kepada Pelsus Rayon Manado: Pahami gereja dan politik, jaga 4 pilar bangsa

Di Tangsel, hasil quick count menunjukkan pasangan calon yang diusung Gerindra, yaitu Muhamad-Rahayu Saraswati, takluk atas paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga.

Merujuk quick count Indikator dengan suara masuk 100 persen, Benyamin-Pilar meraih 41,86 persen suara. Unggul dari Muhamad-Saraswati dengan perolehan 34,42 persen suara dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben dengan 23,72 persen.

Hasil tak jauh berbeda dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dengan 100 persen suara masuk. Benyamin-Pilar meraih 43,15 persen suara. Sementara Muhamad- Saraswati hanya 35,19 persen dan Azizah-Ruhama 21,66 persen.

Kemudian, hasil quick count Charta Politika juga menyatakan Benyamin-Pilar meraih 40,26 persen suara, Muhamad-Rahayu Saraswati 35,99 persen dan Azizah-Ruhama 23,76 persen.

Sumber: cnbc indonesia

  • Bagikan