Pemkab Talaud beri perlindungan bagi calon pekerja migran

  • Bagikan
Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut melakukan penandatanganan MoU dengan Kepala BP2MI Benny Rhamdani, bertempat di Kantor BP2MI Pusat, Jakarta, Selasa (23/02/2022).

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud punya rasa tanggungjawab dalam memberikan perlindungan teknis bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebelum bekerja ke luar negeri.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI), salah satu tanggungjawab pemerintah dalam meningkatkan kompetensi calon PMI adalah menyediakan dan memfasilitasi pelatihan calon pekerja, melalui pelatihan vokasi yang anggarannya berasal dari fungsi pendidikan.

Hal itulah yang dilakukan Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) yang melakukan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala BP2MI Benny Rhamdani, bertempat di Kantor BP2MI Pusat, Jakarta, Selasa (23/02/2022).

MoU Pemkab Talaud dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) ini terkait peluang kerja lewat program Specified Skill Worker (SSW) di Jepang.

“MoU ini merupakan salah satu badan hukum yang memiliki inisiatif untuk menyiapkan dan meningkatkan SDM pekerja migrant,” ujar Bupati E2L.

Adapun Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag mengtakan, selain sosialisasi, pihaknya terus melakukan penjajakan dengan sejumlah kepala daerah lainnya yang ada di Sulut.

“Kerja sama Pemkab Talaud dengan BP2MI sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk memanfaatkan peluang kerja di Jepang terlebih bagi para anak mudah di Talaud,” ujar Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag.

Dikatakannya, BP2MI patut memberikan apresiasi sebab peluang ini mampu dimanfaatkan Pemkab Talaud.

“Betapa bangganya anak mudah di Talaud, yang diberikan pelatihan tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun,” katanya.

Makalalag menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Talaud andil dalam menurunkan angka pengangguran di Sulut. Terobosan Bupati Talaud E2L yang luar biasa ini, memungkinan teman-teman dari daerah lain tertarik untuk bekerjasama.

Baca Juga:  Bupati E2L: Pemkab Talaud siap sukseskan Program Sekolah Penggerak

“Talaud sudah memulai, mudah-mudah ada kabupaten/kota di Sulut yang akan menyusul,” ujar Makalalag.

(tal)

  • Bagikan