NasDem Sitaro keluar dari Fraksi PDIP, ART: Eksekutif dan legislatif butuh penyeimbang

  • Bagikan
Legislator Partai NasDem DPRD Sitaro, Alfrets Ronald Takarendehang (ART).

Ondong, BERITASULUT.co.id – Legislator Partai NasDem di DPRD Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan keluar dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP).

Diketahui, di DPRD Sitaro saat ini ada dua legislator Partai NasDem yakni Alfrets Ronald Takarendehang (ART) dan Evenson Liempepas. Karena tak bisa membentuk fraksi sendiri, maka keduanya pun bergabung ke Fraksi PDIP.

Di tengah perjalanan keduanya pun menyatakan sikap keluar dari fraksi terbesar di DPRD Sitaro itu. Hal ini tentu mengejutkan dam lantas menjadi perbincangan publik.

Setelah keluar dari Fraksi PDIP, keduanya kemudian bergabung ke Fraksi Perindo. Di situ ada juga satu legislator Partai Gerindra. Dengan demikian, fraksi ini menjadi 6 kursi.

Alfrets Ronald Takarendehang (ART) mengungkapkan keputusan Partai NasDem keluar dari Fraksi PDIP, yang sudah bersama kurang lebih 2,5 tahun.

“Alasan pertama adalah penyegaran. Kita berada di sana (Fraksi PDIP, red) kurang lebih dua tahun setengah, sehingga akan lebih baik kalau ada suasana baru, sekaligus pengetahuan baru menambah wawasan terhadap persoalan-persoalan yang baru,” ujarnya, Rabu (27/04/2022).

Alasan kedua, ART menilai langkah ini merupakan hal biasa di lembaga DPRD, apalagi itu tidak berseberangan dengan Tata Tertib (Tatib).

“Kita sudah menjalani separuh periode legislatif sebagaimana diatur oleh Tatib. Ini artinya, merupakan hal biasa ketika ada yang keluar dan membentuk atau bergabung dengan fraksi yang lain,” tukasnya.

Baca Juga:  Temui DPR-RI, legislator Talaud Semuel Bentian aspirasikan jalan nasional dan KEK Mane'e
  • Bagikan