Realisasi bansos PKH Tahap II di Talaud sudah 60 persen

  • Bagikan
Olita Papalapu.

Melonguane, BERITASULUT.co.id – Bantuan Sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II di Kabupaten Kepulauan Talaud, sementara dibagikan.

Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Olita Papalapu menjelaskan, untuk realisasi sudah sekira 60 persen dari 5.121 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Ada 5.121 KPM di Kabupaten Talaud. Dan untuk realisasi sekarang ini sudah sekira 60 persen,” katanya, Kamis (12/05/2022) kemarin.

Dalam pembagian Bansos saat ini tidak ada kendala. “Selama ini saya mendampingi SDM PKH tidak ada kendala di pembagian Bansos,” ungkapnya.

Meski begitu, Papalapu tak menampik, jika ada data KPM tak sinkron, otomatis bantuan tidak akan keluar.

“Kalau di data hanya satu penulisan atau pengetikan salah, otomatis tidak akan keluar namanya. Datanya harus sinkron antara data terpadu kesejahteraan sosial dan data kependudukan,” tuturnya.

“Jadi, jika ada masyarakat yang datang ke Dinsos, dalam hal mengeluhkan tentang bantuan dan dicek kalau ada kesalahan di data, akan langsung kami arahkan ke Disdukcapil,” sambungnya.

Lanjutnya, Dinsos hanya bisa mengusulkan nama ke Kemensos atau ke Pusdatin. Tapi, keputusan berada di Kemensos.

“Sementara fungsi Dinsos hanya memantau dan ada juga SDM PKH yang melihat langsung perkembangan di lapangan,” katanya.

Ditambahkan juga, saat ini ada ketambahan 19 KPM. “Untuk 19 KPM ini masih belum masuk bantuan ke nomor rekening masing-masing, tapi sudah terdaftar di Pusdatin,” tutup Papalapu.

(tal)

Baca Juga:  Talaud dapat hibah 5000 lampu tenaga surya dari LPP-FBDH
  • Bagikan