SIREKAP Tuai Kontroversi, Felly Runtuwene: Pleno KPU Masih Berlangsung, Tunggu Saja Hasil Final

  • Bagikan
Felly Estelita Runtuwene.

Manado, BERITASULUT.co.id – Ketua DPP Partai NasDem Felly Estelita Runtuwene (FER) menanggapi hasil penghitungan suara yang sejauh ini menuai kontroversi.

Khususnya Caleg DPR-RI dapil Sulawesi Utara (Sulut) yang hampir sepekan ini mulai diklaim sejumlah pihak terkait nama-nama yang lolos ke Senayan dengan menggunakan data dari aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilihan Umum (SIREKAP) KPU.

Felly mengatakan jika dalam menentukan hasil siapa yang terpilih baik DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan data C1 hasil pleno berdasarkan tingkatan mulai TPS hingga KPU Provinsi, sementara aplikasi SIREKAP ini hanyalah alat bantu semata.

”Kami juga melihat ada beberapa pihak yang mulai memprediksi nama-nama lolos berdasarkan di SIREKAP. Namun kita semua harus sabar untuk menantikan perhitungan resmi hingga di tingkat KPU berdasarkan data C1,” ujarnya, Kamis (22/2/2024).

Felly yang juga saat ini menjabat Ketua Komisi IX DPR-RI menegaskan, sampai saat ini Partai NasDem masih mengumpukan hasil C1 dari 15 Kabupaten/Kota di Sulut.

“Kami sangat berharap masyarakat sabar dan menunggu hingga final. Sebagai contoh, data yang dikumpulan di Pusat Data NasDem berbeda dengan SIREKAP, ini bisa membingungkan masyarakat. Jadi tunggu saja hingga final,” kata Felly.

Diketahui, Aplikasi SIREKAP KPU banyak dikeluhkan oleh kontestan Pemilu 2024, baik Calon DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota karena berbeda dengan data C1 yang dimiliki.

(ika)

Baca Juga:  Komisi I DPRD Sulut Komitmen Dukung Penganggaran Memadai Untuk KPU dan Bawaslu
  • Bagikan