Musrenbangnas 2019 didasari gagasan Presiden Jokowi dengan nama Impian Indonesia 2045

  • Bagikan
Kaban Bapelitbangda Kota Manado Liny Tambajong
Kaban Bapelitbangda Kota Manado Liny Tambajong

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pelaksanaan Musrenbangnas 2019, di Jakarta, Kamis (09/05/2019). Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) menghadiri langsung kegiatan tersebut.

Kaban Bapelitbangda Kota Manado DR Liny Tambajong, mengutip penjelasan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan, penyelenggaraan Musrenbangnas kali ini ditujukan untuk menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020, hingga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2045.

“Momentum ini juga menjadi ajang untuk meluncurkan visi Indonesia 2045. Visi tersebut telah disusun Bappenas atas dasar gagasan Presiden Jokowi yang dikenal dengan nama Impian Indonesia 2045,” jelasnya.

Disampaikan bahwa dalam visi tersebut, pada 2045 Indonesia akan menjadi negara maju dengan Produk Domestik Bruto atau PDB peringkat kelima terbesar di dunia. Dengan ditopang pertumbuhan ekonomi 2020-2045 yang rata-rata mencapai 5,4 persen sampai 6 persen setiap tahunnya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk merealisasikan fokus utama pembangunan bangsa adalah pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, penguatan infrastruktur, pengembangan nilai tambah industri, ketahanan pangan, energi, air dan lingkungan hidup, serta stabilitas dan ketahanan politik maupun sosial.

“Sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehat, dan produktif. Serta inovasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kunci pembangunan Indonesia ke depan,” ujarnya.(DONWU)

Baca Juga:  Sondakh gugur, calon Sekda Manado tertinggal 4 orang
  • Bagikan