Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, Walikota Manado ajak umat Islam jadi pelopor memutus Covid-19

  • Bagikan


MANADO, BERITASULUT.co.id – Peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati tiap tanggal 12 Rabi’ul Awal. Tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis (29/10/2020) lalu.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan Maulid tahun ini terjadi di masa pandemi Covid-19. Namun tak mengurangi niat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, meskipun dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Walikota Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada para tokoh agama termasuk para Imam se-Kota Manado yang telah memberikan peran yang sungguh luar biasa, yang telah bersama menjaga dan merawat kerukunan di Kota Manado sebagai kota rukun.

“Terima kasih untuk para Imam sudah menjaga Manado kota rukun, dan mari terus torang lanjutkan jaga Kota Manado rukun dan damai,” ucap Walikota GSVL dalam sambutannya di hadapan para Imam, bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota, Jalan Balaikota Tikala, Rabu (11/11/2020) kemarin.

Tak lupa kepada para Imam se-Kota Manado, ia mengajak agar membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Untuk itu saya mengajak para Imam dan semua saudaraku umat Islam di Kota Manado untuk menjadi pelopor memutus mata rantai Covid-19. Jika kelak pandemi ini berakhir, semua aktivitas akan kembali normal dan perekonimian kembali membaik,” ujar Walikota GSVL, yang didampingi Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Saptono, serta tokoh Muslim Kota Manado H Rum Usulu.

Pun demikian ia mengingatkan masyarakat, untuk menerapkan protokol kesehatan dengan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Baca Juga:  Pemkot Manado launching PANADA LINI sebagai inovasi pelayanan publik

Pada kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Manado, KH Mashar Kinontoa Sag memberikan penghargaan kepada Walikota GSVL, dimana selama hamper 10 tahun memimpin Ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini, mampu membangun kerukunan umat beragama, sehingga Kota Manado menjadi barometer kerukunan di Indonesia.

“Selama 10 tahun memimpin Kota Manado, Pak GS Vicky Lumentut sukses membangun kerukunan umat beragama,” ujar Kintonoa.

Sementara itu, dikutip dari kemenag.go.id, Menteri Agama Fachrul Razi mengajak masyarakat muslim untuk menyambut peringatan Maulid Nabi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan memperbanyak bacaan salawat Nabi.

“Mari terus memperbanyak shalawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam rahmatan lil ‘alamin ini, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Menteri Agama.

Peringatan maulid Nabi Muhammad memberi pesan tentang pentingnya meneladani Rasulullah, dalam sikap dan perilaku hidup. Rasulullah adalah sosok teladan dalam iman, Islam, ihsan, dan akhlak mulia.

Dalam sejarah kehidupan, nabi Muhammad SAW adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya. Perayaan maulid dianggap sebagai momentum untuk membangkitkan kembali semangat dan kecintaan kita kepada Rasullullah SAW.(LIPSUS)

  • Bagikan