PIKI nilai double hattrick Mitra WTP bentuk komitmen Bupati James Sumendap

  • Bagikan
Ketua PIKI Mitra Novie Legi dan Bupati Mitra James Sumendap.

Ratahan, BERITA SULUT – Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Cabang Minahasa Tenggara (Mitra), kembali mengapresiasi komitmen Bupati James Sumendap terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Menurut Ketua PIKI Mitra Novie Legi, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sejumlah 6 kali berturut-turut atau double hattrick bukanlah pekerjaan yang mudah.

“Dibutuhkan komitmen yang kuat dan bersungguh-sungguh serta pengawasan yang ketat agar bisa mencapainya. Tidak banyak kepala daerah yang mampu menjaga konsistensi terhadap penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan daerah selama 6 tahun berturut,” ujar mantan Ketua GAMKI Manado ini, Rabu (05/05/2021).

Sedangkan terkait pemberitaan adanya laporan dari LSM mengenai kinerja Bupati ke KPK, Legi berpendapat opini BPK inilah buktinya.

“Pemeriksaan pengelolaan keuangan oleh BPK bukan pekerjaan yang instan. Berbulan- bulan Tim BPK tinggal di Ratahan untuk memeriksa dan memastikan bahwa manajemen pengelolaan keuangan daerah diselenggarakan sesuai ketentuan, termasuk kegiatan-kegiatan yang dilaporkan LSM. Ganjaran opini WTP dari BPK merupakan bukti bahwa pengelolaan keuangan daerah diselenggarakan sudah sesuai ketentuan,” pungkasnya.

Diketahui, pada Senin (03/05/2021) lalu, Kepada BPK RI Perwakilan Sulut Karyadi, menyerahkan laporan hasil pemeriksaan serta opini BPK kepada Bupati James Sumendap, yang didampingi Wakil Bupati Jocke Legi, Ketua DPRD Marty Ole, dan Sekda David Lalandos, bertempat di Kantor Perwakilan BPK RI di Manado.

 

Baca Juga:  Ini penyebab Bupati James Sumendap batal divaksin Sinovac
  • Bagikan