Pastikan data pemilih tetap valid, KPU Mitra gelar rekapitulasi PDPB 2021

  • Bagikan
Peserta rapat pleno antara lain Ketua Bawaslu Mitra Joby Longkutoy, Komisioner Bawaslu Mitra Amran Ibrahim, perwakikan Discapilduk, dan pimpinan parpol, serta Komisioner KPU Johnly Pangemanan, Otnie Tamod dan Otniel Wawo.

Ratahan, BERITA SULUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melaksanakan Rekapitulasi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tahun 2021, bertempat di ruang rapat KPU Mitra, Rabu (05/05/2021).

Ketua KPU Kabupaten Mitra Wolter Dotulong didampingi empat komisioner lainya mengungkapkan, bahwa kegiatan PDPB untuk memastikan data pemilih benar-benar valid.

“Makanya kami berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk melihat keabsahan data masyarakat pemilih. Data ini nantinya akan digunakan untuk pemilihan serentak tahun 2024,” terang Dotulong.

Diakuinya bahwa soal keakuratan data pemilih memang harus dikerjakan secara teliliti, gunanya untuk meminimalisir tingkat kesalahan atau terjadi force major.

“Makanya dalam proses penanganan keakuratan data, kami butuh waktu, butuh proses panjang hanya untuk memastikan tidak ada data yang salah atau terlewati,” ucapnya.

Lanjutnya menuturkan, untuk mempermudah keakuratan data, pihaknya berupaya membuat aplikasi online. Sehingga masyarakat pemilih bisa dengan mudah melihat data terdaftar sebagai pemilih atau sebaliknya.

“Ya, kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk mempermudah warga pemilih dengan menghadirkan aplikasi online terkait data. Pada intinya terkait data pemilih sudah ada dalam aplikasi tersebut dipermudah dengan menggunakan petunjuk warna. Jadi sangat jelas untuk akses masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Politik identitas penyelenggara Pemilu
  • Bagikan