Bawaslu Sulut Temukan Kasus Politik Uang di Manado dan Talaud, Siapa Calegnya?

  • Bagikan
Konferensi pers temua money politik yang di gedung Bawaslu Sulut, Rabu (14/2/2024).

Manado, BERITASULUT.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut dibawa komando Ketua Ardiles Mewoh membeberkan hasil temuan terkait dugaan politik uang yang ditemukan Satgas Gakkumdu.

Hal ini disampaikan Ardiles Mewoh dalam konferensi pers yang di Gedung Bawaslu Sulut, Rabu (14/2/2024).

Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, Satgas Anti Politik Uang Polda Sulut dibawa koordinasi Gakkumdu melakukan penindakan politik uang terhadap tim sukses salah satu caleg DPRD Sulut dan satu caleg DPRD Kota Manado serta Tim sukses salah satu calon di Kabupaten Talaud.

”H minus 1 pencoblosan yakni hari Selasa 13 Februari Pukul 17.00 dan 20.00 di Kota Manado. Juga satu orang TS di Kabupaten Talaud. Dan semua itu sudah kami serahkan kepada pihak berwajib dalam hal ini Polda Sulut untuk di tindak lanjuti,” ujarnya didampingi pimpinan Bawaslu Sulut lainnya dan Tim Gakkumdu.

Ardiles juga menambahkan, khusus untuk di Talaud sudah register dan berproses di Bawaslu Talaud. Pihaknya juga membeberkan bukti yang didapat.

Siapa calegnya? Bawaslu enggan membebernya. Temuan yang di Manado alat buktinya ada uang sejumlah Rp113 juta dan bahan kampanye.

“Tempat kejadian di Teling Bawah Kecamatan Wenang, Manado. Yang kedua, ditemukan uang sebesar Rp6.450.000 kejadian di Kelurahan Istiqal Wenang. Kalau di Talaud di Desa Sawang Utara Melonguane jumlah uang Rp12,6 juta,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Kordiv Penanganan pelanggaran, data dan Informasi Zulfikly Densi, pelaku sudah dimintai keterangan dan ditetapkan tersangka sesuai Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang pemilu.

(ika)

Baca Juga:  Tuntas, Ini 2 Nama Tambahan Bawaslu Sulut Periode 2023-2028
  • Bagikan