Wagub Steven Kandouw Pastikan Pilkada 2024 di Sulut Berjalan Luber dan Jurdil

  • Bagikan
Wagub Sulut Steven Kandouw.

Manado, BERITASULUT.CO.ID – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw (SK) memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 di Sulut berjalan luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dan jurdil (jujur, dan adil).

Ini sejalan dengan asas, tujuan, dan prinsip penyelenggaraan Pemilu di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) atau yang biasa disebut dengan UU Pemilu.

Hal itu dikatakannya dalam rapat koordinasi proses penyelenggaraan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2024 bersama KPU Sulut, Pemprov Sulut dan Forkopimda Sulut, yang digelar di ruang rapat lantai 6 Kantor Gubernur Sulut, Jln 17 Agustus, Manado, Selasa (4/6/2024).

“Dalam rapat ini kita ingin memastikan penyelenggaraan demokrasi di Sulawesi Utara ini berjalan luber dan jurdil, karena hal itu menjadi tanggungjawab kita bersama,” ujar Wagub SK.

“Sehingga saya mengajak kita semua hadir di sini untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi sesuai dengan tupoksinya masing-masing dalam menyukseskan agenda besar pemilihan umum kepala daerah tahun 2024,” pesannya.

Selanjutnya Wagub SK juga berharap semua pihak dapat mendukung KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pilkada agar tugas mereka dapat berjalan dengan lancar.

“Selain itu mari bekerjasama mendorong masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pemilihan kepala daerah ini, karena agenda demokrasi ini bukan hanya milik KPU saja tetapi milik semua masyarakat,” kata Wagub SK.

Di satu sisi, ia berpesan kepada KPU Sulut agar pendataan daftar pemilih bagi warga pengungsi dampak Gunung Ruang Tagulandang yang sekarang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan terus dikoordinasikan kepada pihak terkait.

(donwu)

Baca Juga:  Gelar Rakor, KPU Bolmut Matangkan Pembentukan Pantarlih Pilkada 2024
  • Bagikan