https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

KPU Sulut Gelar Media Gathering “Data Pemilih Pilkada 2024”, Ini Penegasan dan Saran Para Narasumber

  • Bagikan
KPU Sulut menggelar Media Gathering Mewujudkan Sukses Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Data Pemilih Berkualitas dalam Pilkada 2024, di salah satu rumah kopi di bilangan Sario, Kota Manado, Rabu (10/7/2024).

Manado, BERITASULUT.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Media Gathering Mewujudkan Sukses Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Data Pemilih Berkualitas dalam Pilkada 2024, di salah satu rumah kopi di bilangan Sario, Kota Manado, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, dengan menghadirkan sejumlah nara sumber, yakni Anggota DKPP RI Muhammad Tio Aliasya, Ketua Bawaslu Sulut Dr Ardiles Mewoh, dan Dekan FISIP Unsrat Dr Ferry Liando SIP MSi.

Poluan mengatakan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang sementara berlangsung berjalan lancar, meski ada hambatan yang terjadi di lapangan.

“Kami bersama KPU Kabupaten/Kota serta PPK dan PPS menggelar rapat evaluasi terkait kendala yang dihadapi. Pastinya ada masalah-masalah, pemutakhiran data ini masih akan berlangsung hingga hari H,” ujarnya.

Sementara Aliyansha mengapresiasi penyelenggara baik KPU dan Bawaslu Sulut dalam jalannya Pemilu 2024 lalu. Dia berharap pada pelaksanaan Pilkada 2024, pihak penyelenggara juga bekerja profesional dan berintegritas.

“Tidak hanya komisioner dan badan adhoc, jajaran sekretariat juga harus menaati kode etik dalam penyelenggaraan pilkada,” katanya.

Adapun Ardiles menyampaikan beberapa hal terkait pemutakhiran data pemilih. Ia mengingatkan jajaran KPU, tidak hanya mengejar realisasi capaian coklit tapi juga kualitas hasil coklit tersebut.

“Ada 154 saran perbaikan dari pengawas pemilu ditujukan kepada KPU Kabupaten/Kota serta jajaran di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan,” ujarnya.

I
  • Bagikan