Kementerian ATR/BPN paparkan rekomendasi hasil penyusunan masterplan KRB Kota Manado

  • Bagikan
Kepala Bapelitbangda Manado, Liny Tambajong.
Kepala Bapelitbangda Manado, Liny Tambajong.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memaparkan rekomendasi dari hasil penyusunan masterplan Kawasan Rawan Bencana (KRB) Kota Manado, yang dibawakan salah satu nara sumber dari Kementerian ATR/BPN Royger Simanjuntak, didampingi Kaban Bapelitbangda Kota Manado DR Liny Tambajong.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengkritisi dan memberikan saran berdasarkan teori dan keilmuan. Selain itu perubahan iklim merupakan isu yang berkaitan dengan lingkungan strategis.

“Penanganan mitigasi bencana menjadi salah satu prioritas nasional sehingga kami sebagai yang memiliki tupoksi penataan ruangan mencoba untuk mengolaborasikan ke dalam spasial karena memang pada umumnya kebanyakan belum mengena di bidang kebencanaan (hanya bersifat normatif saja),” ujarnya.

Kementerian ATR/BPN mencoba untuk membantu pemerintah daerah dalam memberi masukan atau rekomendasi teknis penataan kawasan rawan bencana. Diharapkan ke depannya bisa dimasukkan ke dalam Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat dan sebagai langkah antisipasi bencana yang ada di Kota Manado.

Adapun Loura Pandelaki sebagai tenaga ahli yang memaparkan tentang dasar dari Perubahan RPJMD tentang isu strategis dan kebijakan-kebijakan Nasional yang menjadi acuan penyesuian RPJMD Kota Manado.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat penghargaan Best Emergency Call Center dan Best Public Service Call Center bagi Kota Manado sebagai Finalis Contac Center World tingkat Asia Pasifik yang akan dilaksanakan Juli 2019 di Bangkok, Thailand.(DONWU)

Baca Juga:  Parkir liar, Kadishub Manado: SOP keluar, kendaraan diderek
  • Bagikan