Walikota GSVL antar Inovasi Kota Manado dari Top 99 menjadi Top 45

  • Bagikan
Walikota Manado GS VIcky Lumentut saat menerima penghargaan Inovasi Top 99 dari Menteri PANRB Syafruddin beberapa waktu lalu.
Walikota Manado GS VIcky Lumentut saat menerima penghargaan Inovasi Top 99 dari Menteri PANRB Syafruddin beberapa waktu lalu.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Inovasi yang terus dilakukan Pemerintah Kota Manado dalam menunjang pemerintahan untuk kesejahteraan terus menuai pengakuan.

Kali ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah menetapkan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019. Pemerintah Kota Manado menyertakan aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA).

Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 Kementerian dengan 9 inovasi, 4 Lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 Provinsi dengan 5 inovasi, 16 Kabupaten dengan 17 inovasi, 9 Kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi.

Proses seleksi Top 45 dilakukan oleh Tim Panel Independen dan Tim Evaluasi sementara penentuannya dilakukan oleh Tim Panel Independen. Top 45 diperoleh dari Top 99 yang diseleksi melalui tahap presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan.

MenPANRB Sjafruddin melalui Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan bahwa Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang digalakkan Kementerian PANRB. KIPP diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Tujuannya adalah pemberdayaan, pembelajaran dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif, gagasan dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya, Rabu (14/8/2019).

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id. Tahun ini terekam sebanyak 3.156 proposal yang mendaftar, dan menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.824 proposal.

Proposal yang lolos seleksi administrasi dan masuk ke tahap desk evaluation yang dilakukan oleh Tim Evaluasi. Dari hasil desk evaluation diperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 47/2019. Penyerahan penghargaan Top 99 telah dilakukan pada Juli 2019 lalu oleh Menteri PANRB.(DONWU)

Baca Juga:  Ayo ASN-THL daftar! Ikut lomba billiard Piala Walikota Manado
  • Bagikan