Sekda Micler Lakat irup Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Manado tahun 2019

  • Bagikan

BERITASULUT.CO.ID – Pemerintah Kota Manado menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati dan memaknai Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019, di lapangan Sparta Tikala, Jln Balaikota, Selasa (01/10/2019) kemarin, dengan tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH menjadi inspektur upcacara (irup) mewakili Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL). adapun komandan upacara yakni Camat Wenang Donald Sambuaga SSTP. Pada upacara tersebut juga dibacakan ikrar Pancasila oleh Wakil Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone.

Dalam sambutan Walikota GSVL yang dibacakan Sekda Micler Lakat, dirinya mengingatkan kembali tantangan saat ini bukan lagi soal menghafal Pancasila, tetapi tantangan ialah menghidupkan Pancasila dalam pikiran, sikap, dan perbuatan.

“Itu dapat berhasil, supaya pikiran, sikap dan perbuatan tersebut tidak melanggar hak hidup orang lain. Kemerdekaan akan menghasilkan kebaikan bila diserta dengan tanggung jawab,” ujarnya di hadapan peserta upcara yang terdiri sejumlah pejabat Pemkot Manado, Camat dan Lurah, ASN, THL dan Kepala Lingkungan.

Bicara Pancasila sebagai kristalisasi dari kearifan lokal masyarakat Indonesia, maka di Kota Manado mengenal falsafah dari Pahlawan Nasinal DR Sam Ratulangi, yakni “Sitou Timou Tumou Tou”, dimana manusia hidup dan menjadikan hidup berguna bagi diri sendiri dan sesama manusia.

ASN Pemkot Manado harus tngkatkan etos kerja dalam melayani masyarakat

Walikota GSVL juga melalui Sekda Lakat mengungatkan kembali nilai-nilai luhur dalam semangat Hari Kesaktian Pancasila harus tertanam dalam kehidupan berbangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari Kesaktian Pancasila berisi nilai-nilai luhur yang diwariskan pendahulu bangsa, bisa kuat tertanam dalam setiap kehidupan bangsa dan menjadi falsafah hidup bermasyarakat sebagai identitas Negara Indonesia,” ujarnya.

Aparatur pemerintah di Pemkot Manado juga diminta untuk meningkatkan etos kerja dalam menunjang pelaksanaan program pelayanan kepada masyarakat, harus terampil dan profesional, sehingga seluruh proses pemerintahan, pembangunan dan pelayanan jadi efisien dan efektif.

“Saya minta ASN di lingkungan Pemkot Manado agar meningkatkan etos kerja dalam melayani masyarakat. Seriusi penyerapan anggaran, capai target anggaran harus efisien dan efektif tetap optimalkan walaupun sumber dana terbatas, harus punya strategi perencanan yang matang jelas dan terukur,” tandasnya.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan sertifikat kepada peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) III secara simbolis oleh Sekda Micler Lakat, masing-masing kepada Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Manado dr Marini Kapojos dan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Fredy Runtuwene ST.

Presiden Jokowi: Pancasila telah menjadi benteng dalam hadapi serbuan ideologi

Hari Peringatan Kesaktian Pancasila juga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa takdir bangsa Bangsa Indonesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke, lanjut Presiden, dari Miangas sampai Rote, yang disaksikan adalah keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan serta golongan yang bersatu padu membentuk Indonesia.

“Dan yang menjadi pemandu bagi persatuan itu adalah Pancasila, ideologi bangsa kita,” ujarnya.

Menurut Presiden, sebagai dasar negara, Pancasila telah menjadi benteng dalam menghadapi serbuan ideologi-ideologi lain. Ia mengungkapkan, berbagai ujian datang untuk menggoyahkan persatuan, tapi semuanya terpental oleh keteguhan semua pada komitmen bersama untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Begitu juga proses demokrasi yang telah berhasil kita kelola dengan baik berkat nilai-nilai Pancasila yang menjadi pemandunya,” pungkas Presiden.(LIPSUS)

  • Bagikan