Walikota GSVL jadi narsum “Pembangunan Simpul Jaringan di Kota Manado” di Rakor JIGN Regional Sulawesi

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), menghadiri Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) Regional Sulawesi dengan tema “Indonesia Connected: Satu Peta, Satu Data, Prestasi Bangsa”, bertempat di Novotel Manado, Rabu (02/10/2019).

Rakor/Bimtek JIGN Regional Sulawesi dibuka Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw bersama Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Z Abidin.

Walikota GSVL pada kesempatan itu juga hadir sebagai pembicara dengan membawakan materi “Pembangunan Simpul Jaringan di Kota Manado”. Walikota dua periode pilihan rakyat Manado ini menjelaskan latar belakang Pemerintah Kota Manado perlu simpul jaringan.

“Masing-masing perangkat daerah masih memakai data sendiri, sehingga tidak efektif dan efisien dalam koordinasi apabila data tersebut suatu saat dibutuhkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, dijelaskannya, maksud dan tujuan pembangunan simpul jaringan di Kota Manado yaitu membangun satu referensi data kota yang berbasis peta, dan bertujuan untuk memberikan kemudahan akses antara perangkat daerah untuk memakai data dalam proses perencanaan, monitoring evaluasi, pengambilan keputusan dan pelayanan masyarakat.

“Membangun simpul jaringan sebagai informasi geospasial Kota Manado yang terintegritas sebagai sarana berbagai pakai data antar perangkat daerah,” tukas Walikota GSVL.

Pada kesempatan tersebut, Walikota GSVL juga melakukan penandatangan MoU tentang Penyelesaian Tata Batas Kelurahan, Tata Batas Kota dan Kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Kota Manado, antara Pemerintah Kota Manado dengan TNI Kodam XIII/Merdeka.

Isi dari MoU tersebut di antaranya pemakaian peralatan, penegasan penetapan pilar, pengamanan, pelatihan geospasial dan jaring infomasi geospasial daerah.(DONWU)

Baca Juga:  JPAR: Awas produk palsu! Jadilah konsumen cerdas dalam memilih obat dan kosmetik
  • Bagikan