Bapelitbangda Manado gelar rakor penyusunan laporan percepatan penanggulangan kemiskinan daerah

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Bapelitbangda Kota Manado, Kamis (10/10/2019) pagi menggelar Rapat Kooodinasi (Rakor) Penyusunan Laporan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Tahun 2019, bertempat di Meeting Room Bapelitbangda Kota Manado.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota TKPKD bekerja sama dengan tenaga ahli, antara lain Dr Een Walewangko, DR Alfa Tumbuan, dan Patrick Wauran ME. Rapat merupakan lanjutan dari rapat awal yang telah dilaksanakan 26 Agustus 2019 lalu.

Kepala Bapelitbangda Kota Manado Dr Liny Tambajong menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan Laporan Pelaksanaan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) yang akan dilaporkan ke TKPKD Provinsi dan Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementrian Dalam Negeri dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat.

Adapun maksud dari Penyusunan Laporan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) oleh TKPKD adalah menyampaikan perkembangan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kota Manado. Sedangkan tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang kondisi kemiskinan di Kota manado dan untuk mewujudkan Sinkronisasi dan Harmonisasi kebijakan.

“Program-program penanggulangan kemiskinan mempunyai komitmen untuk mensejahterakan Masyarakat sebagai penerima manfaat yang lebih efektif, efesien dan terarah,” ujar Kaban Liny.

Dikatakan pula, latar belakang LP2KD oleh TKPKD ini dilaksanakan karena kemiskinan merupakan isu penting dalam dimensi pembangunan manusia di Indonesia yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan aset rumah tangga terhadap kemiskinan di Kota Manado.

“Setiap saran dan masukan yang didapat dalam pembahasan ini akan dirangkum oleh tim ahli dan akan dipaparkan kembali dalam Rakorev TKPKD pada akhir bulan November mendatang,” ujar Kaban Liny.(DONWU)

Baca Juga:  Pemkot Manado dan KPU samakan persepsi data pemilih, GSVL: Kita transparan
  • Bagikan