Bapelitbangda Manado bahas penyusunan DED instalasi pengolahan lumpur tinja

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Bapelitbangda Kota Manado menggelar pembahasan laporan antara untuk penyusunan Detail Engineering Design (DED) instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT) Kota Manado, yang dilaksanakan di Swiss-Bel Hotel Maleosan Kota Manado, Jumat (01/11/2019).

Forum ini dibuka secara langsung Kepala Bapelitbangda Kota Manado Dr Liny Tambajong, dengan menghadirkan narasumber Dr Harianto Pusponegoro dari CV Jiovanno Jaya Konsultan.

Adapun pesertanya para perangkat daerah terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Ditjen Cipta Karya, dan dinas/instansi terkait lainnya.

“Diharapkan agar supaya setiap dinas dan instansi terkait dapat memiliki kepedulian terhadap hasil DED pembangunan instalasi pengolahan lumpur tinja Kota Manado yang rencananya akan direalisasikan pembangunannya pada tahun depan 2020 dan berlokasi di Kelurahan Buha Kecamatan Tuminting,” ujar Kaban Liny.

Dalam forum ini dipaparkan permasalahan pembangunan IPAL komunal yang sebelumnya dibangun di Kota Manado, seperti IPAL Komunal Boulevard yang merupakan IPAL komunal terbesar di Sulawesi Utara, namun saat ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi.

Pada forum ini dilakukan pemaparan dan masukan untuk data teknis yang digunakan sebagai bahan analisa pada penyusunan DED instalasi pengolahan lumpur tinja Kota Manado, yang kemudian akan dilanjutkan kembali pada saat pembahasan laporan akhir DED IPLT.(DONWU)

Baca Juga:  Pemkot Manado rapat evaluasi SAKIP bersama KemenPAN-RB via zoom meeting
  • Bagikan