Prof Paula ajak para perempuan jangan malu deteksi dini kanker serviks lewat Tes IVA

  • Bagikan
Ketua PMI Manado yang juga Ketua TP PKK Kota Manado, Prof Paula Runtuwene, saat sosialisasi bahaya kanker serviks di Kelurahan Tongkeina.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Manado dan TP-PKK Kota Manado bersama-sama kembali melakukan sosialisasi mengenai bahaya kanker serviks, deteksi dini, dan pencegahannya.

Selain itu, juga dilakukan edukasi pertolongan pertama seperti pada kondisi kecelakaan, tersedak, tenggelam, dan juga Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Ketua PMI Kota Manado yang juga Ketua TP-PKK Kota Manado, Prof DR Ir Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS DEA, berharap untuk semua kader PKK dan para perempuan pada umumnya, untuk jangan ragu dan jangan malu memeriksakan diri ke Puskesmas untuk deteksi dini kanker serviks lewat Tes IVA.

“Para bapak-bapak juga, kaum pria, ayo dukung gerakan SUSIANTARIKSA atau Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA ini, agar keluarga lebih sehat,” ujar Prof Paula, sapaan isteri Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut ini.

Dijelaskannya, Tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah tes alternatif selain pap smear untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini. Tes ini dilakukan dengan mengaplikasikan asam asetat pada jaringan leher rahim. Jaringan yang tidak normal kemudian akan berubah warna dan menentukan hasiltes.

Kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan, dan terkhir digelar Jumat (17/1/2020) pekan lalu dipusatkan di Kelurahan Tongkeina, Kecamatan Bunaken.(DONWU)

Baca Juga:  Tim GODAS PAHAM serahkan sapi kurban di Masjid Al-Bayyinah Malalayang
  • Bagikan