Sukseskan Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Minsel ikut Rakor Pengisian LHP di Bawaslu Sulut

  • Bagikan
Suasana Rakor Pengisian Formulir Model A yang digelar Bawaslu Sulut, diikuti Bawaslu Minsel.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Panduan Pengisian Formulir Tipe A atau Laporan Hasil Pengawasan (LHP) yang digelar Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (24/01/2020).

Rakor yang digelar di Kantor Bawaslu Sulut, Jln Raya Manado-Tomohon, Kelurahan Winangun I, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, ini juga diikuti oleh Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sulut, yang tujuannya untuk suksesnya Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem menjelaskan, rakor tersebut membahas terkait tata cara menuangkan hasil pengawasan di lapangan ke dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP) sehingga dapat terdokumentasi dengan baik. Selain itu juga terkait penerapan LHP berbasis digital oleh Bawaslu RI.

“Ini sudah menjadi tanggung jawab penuh dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, untuk melaksanakan pengawasan yang lebih baik dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 nanti,” ujar Keintjem.

Kordiv Pengawasan Bawaslu Sulut Kenly Poluan menjelaskan, pengisian Formulir Model A LHP untuk pemilihan saat ini sudah memiliki format yang baru, dan berbeda dengan Pemilu 2019 silam.

Sementara Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulut Awaludin Umbola menekankan terkait kewajiban pengawas pemilihan di semua tingkatan wajib menuangkan hasil pengawasan dalam bentuk Formulir Model A atau LHP.(ADVERT)

Baca Juga:  Kepedulian dua keluarga ini berbagi kasih di Bitung Amurang
  • Bagikan