Peringati Hari Kanker Sedunia 2020, ini ajakan Prof Paula Runtuwene

  • Bagikan
Prof Paula Runtuwene, intens dan peduli terhadap kesehatan warganya.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Hari ini, Selasa (04/02/2020) diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia.

Hari dimana dicetus untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan, melakukan pemeriksaan dini, dan juga sebagai bentuk dukungan semangat menjalani hidup bagi penderita kanker.

Kanker adalah penyakit mematikan nomor 2 di dunia, dan diperkirakan secara global ada 9,6 juta jiwa meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Dan di Indonesia terdapat sekitar 21 ribu kasus kanker serviks setiap tahunnya.

Apa yang harus dilakukan? Ini ajakan Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga Ketua PMI Kota Manado, Prof Ir Julyeta PA Runtuwene MS DEA.

“Dengan inisiatif memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat, kita bisa memerangi penyakit ini ketika masih dalam tahap awal,” ujar Prof Paula, sapaan akrabnya.

Di sisi lain, isteri Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) ini juga tak lupa menghimbau para suami untuk mendukunh gerakan SUSI ANTARIKSA (Suami Siaga Antar Istri Periksa) IVA.

“Segera periksakan diri di Puskesmas terdekat. Test IVA tidak dipungut bayaran alias gratis,” ungkap Rektor UNIMA ini.

Kesadaran dari diri sendiri juga sangat penting untuk menjalani pola hidup.

“Saya mengajak kita semua untuk peduli terhadap hal ini dengan memulai kesadaran dari diri sendiri dan juga saling mengingatkan anggota keluarga, saudara, dan teman untuk menjalani pola hidup sehat dan tidak malu atau takut memeriksakan diri sejak dini,” ujar Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Utara ini.(DONWU)

Baca Juga:  JPAR ikut promosikan produk dan kuliner Manado di Pameran ASAFF 2020
  • Bagikan