Walikota GSVL kembali ingatkan Camat, selesaikan sampah lewat insenerator

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat memantau uji coba penggunaan insenerator pekan lalu.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Sejumlah incinerator atau insenerator di Kota Manado telah diuji coba. Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) turun langsung memantau uji coba tersebut di beberapa lokasi.

Insenerator adalah suatu alat pembakar sampah yang dioperasikan dengan menggunakan teknologi pembakaran pada suhu tertentu, sehingga sampah dapat terbakar habis.

Walikota GSVL pun kembali mengingatkan jajarannya, khususnya para Camat, agar menyelesaikan sampah yang setiap hari bertambah lewat insenerator.

“Dengan selesainya uji coba alat pembakar sampah ini, maka saya minta para Camat dalam penyelesaian sampah bukan lagi di TPA (tempat pembuangan akhir), tapi diselesaikan dengan alat pembakar (insenerator),” ujarnya.

Ia pun meminta Camat agar menyusun rencana kerja terkait pengelolaan sampah, yang semula dibuang ke TPA, dialihkan ke pembakaran.

Diketahui mesin insenetaror untuk mengolah sampah dengan cara dibakar saat ini sudah ramah lingkungan, dengan menggunakan konsep dual chamber. Dimana chamber pertama untuk membakar langsung sampah, sedangkan chamber kedua untuk membakar karbon yang memiliki ikutan polutan seperti dioxin, so2 CO serta NO.

Pada chamber kedua terurai menjadi CO2 dan air, adapun polutan yang lewat pada chamber kedua ini akan ditangkap oleh uap air pada cerobong yang dilengkapi dengan sprinkle air, dan emisinya dipantau melalui monitor AQMS yang ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado.

Data hasil pemantauan yang dilakukan pada saat uji coba pembakaran masih berada di bawah ambang batas.

Sejumlah negara maju seperti Singapura, Jepang dan Korea Selatan sudah menggunakan alat pembakar sampah untuk menyelesaikan masalah sampah.(DONWU)

Baca Juga:  Walikota GSVL melayat ke rumah duka korban banjir dan tanah longsor
  • Bagikan