Kaban Bapelitbangda dampingi Sekda Micler Lakat terima penghargaan SAKIP 2020

  • Bagikan
Sekda Manado Micler Lakat didampingi Inspektur Atto Bulo dan Kepala Bapelitbangda Liny Tambajong usai terima penghargaan SAKIP 2020.
Sekda Manado Micler Lakat didampingi Inspektur Atto Bulo dan Kepala Bapelitbangda Liny Tambajong usai terima penghargaan SAKIP 2020.

YOGYAKARTA, BERITASULUT.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melalui Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan menyelenggarakan Pemberian Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Wilayah III, di Yogyakarta, Senin (24/02/2020).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada 190 pemerintah daerah di Wilayah III, salah satunya Kota Manado.

Pemerintah Kota Manado berhasil mempertahankan nilai BB, atas laporan akhir evaluasi SAKIP Tahun 2019. Penghargaan diterima Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, mewakili Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL).

Inspektur Kota Manado Atto Bulo dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado Liny Tambajong ikut mendampingi Sekda Micler Lakat dalam acara prestisius tersebut.

Pemkot Manado berupaya meningkatkan kualitas SAKIP yang fokus pada pencapaian prioritas pembangunan Kota Manado, melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

“Orientasi kinerja kami tidak lagi sekedar bekerja dalam membuat laporan atau sekedar hanya menyerap anggaran, namun bagaimana menciptakan multiplier effect bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat, di mana hasil pembangunan dan kinerja Pemkot Manado harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) melalui Sekda Micler Lakat.

Penyerahan SAKIP Wilayah III tersebut, terdiri dari 190 pemerintah daerah, yakni 178 kabupaten/kota dari 12 provinsi. Provinsi tersebut meliputi Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

SAKIP yang merupakan hasil akhir dari LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) di Kota Manado selama ini dinilai baik oleh pusat dalam hal komitmen penguatan tata kelola dan akuntabilitas pemerintahan. Pemkot Manado telah menciptakan sistem akuntabilitas kinerja yang telah terintegrasi, dimulai dari sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja.(DONWU)

Baca Juga:  Bapelitbangda Manado bahas proses pengendalian banjir Sungai Tikala
  • Bagikan