Arahan Walikota GSVL, Pemkot Manado kembangkan aplikasi Qlue untuk Covid-19

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.co.id – Aplikasi Qlue Kota Manado terus dikembangkan. Platform yang dibuat sebagai media untuk instansi pemerintah dan swasta dalam menerima laporan dan masalah dengan memanfaatkan perangkat mobile, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT).

Aplikasi yang dikelola di Cerdas Command Center (C3) Kantor Walikota Manado ini, dijasikan salah satu media untuk masyarakat dalam melaporkan berbagai permasalah seperti jalan rusak, selokan mampet, hingga tumpukan sampah, dan lain sebagainya.

Namun kini, Pemerintah Kota Manado mengembangkannya untuk percepatan penanganan coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Kota Manado. Aplikasi Qlue akan membantu, sama halnya dengan melapor ke Call Center Manado Siaga 112.

Ini dilakukan sesuai petunjuk Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), yang meminta segala sumber daya yang ada di Pemkot Manado diberdayakan untuk penanganan Covid-19.

“Jadi selain Call Center 112, lapor Covid-19 juga bisa pakai aplikasi Qlue. Silahkan download (unduh) aplikasi Qlue ini pada HP android anda kemudian registrasi,” ujar Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daertah (Bapelitbangda) Kota Manado, Liny Tambajong, Jumat (20/03/2020).

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melaporkan permasalah terkait wabah Covid-19 ini seperti adanya kerumunan warga, kelangkaan alat medis, orang suspect Covid-19, dan lain sebagainya.

“Kita laporkan segalanya, terutama yang menyangkut dengan penanganan Covid-19 di Kota Manado. Baik di Call Center Manado Siaga 112 maupun di aplikasi Qlue,” ujar Walikota GSVL.(DONWU)

Baca Juga:  Walikota GSVL serahkan bantuan Covid-19 di Kecamatan Wenang
  • Bagikan