Bawaslu Minsel lantik serentak PDK sesuai protokol pencegahan Covid-19

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem saat memberikan arahan dalam pelantikan Panwaslu Desa se-Kecamatan Sultra.
Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem saat memberikan arahan dalam pelantikan Panwaslu Desa se-Kecamatan Sultra.

AMURANG, BERITASULUT.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melakukan pelantikan secara serentak Panwaslu Desa/Kelurahan (PDK) se-Kabupaten Minsel, Jumat (20/03/2020) kemarin. Pelantikan PDK ini dilantik oleh Panwas Kecamatan (Panwascam).

Pada pelaksanaan pelantikan ini dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah corona virus disease 2019 atau Covid-19 yang lagi mewabah. Semua yang hadir memakai masker dan disiapkan hand sanitizer. Bahkan tempat duduk diatur tidak berdekatan.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem saat mengikuti proses pelantikan Panwaslu Desa se-Kecamatan Suluun Tareran (Sulta) yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Desa Pinapalangkow, menyampaikan bahwa tugas panwaslu tidak mudah, sehingga diperlukan ketelitian dan tanggung jawab penuh, serta netralitas, agar dapat berjalan baik.

“Diharapkan Panwaslu desa/Kelurahan yang baru saja dilantik, tetap menjaga integritasnya sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu. Dan juga diminta untuk dapat juga meningkatkan kapasitas masing-masing terkait Kepemiluan. Sehingga akan mempermudah dalam pelaksanakan tugas dan tanggungjawabnya,” ujar Eva Keintjem.

Ia juga berharap integritas dan netralitas sebagai pengawas senantiasa terjaga. Bahkan bukan hanya netral tapi juga harus benar-benar terlihat netral.

“Panwaslu Desa/Kelurahan jangan jadi sombong ketika melakukan pengawasan pemilihan, melainkan senantiasa menjaga sikap dan tutur kata yang santun dan berwibawah, sehingga dalam menjalankan kerja dan tugas dapat disegani masyarakat,” tegas Eva Keintjem.

Ia tak lupa mengingatkan Panwascam hingga PDK agar mengetahui tugas, wewenang dan kewajiban yang harus dijalankan oleh PDK sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 108, 109 dan 110.(ADVERT)

Baca Juga:  Bawaslu dan Gakkumdu Minsel bahas potensi pelanggaran pidana di Pilkada 2020
  • Bagikan