Di tengah pandemi Covid-19, Sentra Gakkumdu Minsel tetap siap proses Tindak Pidana Pemilu

  • Bagikan
Sentra Gakkumdu Minsel siap menjalankan fungsinya
Sentra Gakkumdu Minsel siap menjalankan fungsinya

AMURANG, BERITASULUT.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memastikan tetap siap memproses bila ada tindak pidana Pemilu yang terjadi di Kabupaten Minsel, meskipun di tengah pandemi wabah coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Minsel Franny Sengkey selaku Kordinator Sentra Gakkumdu Minsel bahkan memastikan Sentra Gakkumdu Minsel yang telah terbentuk sejak Februari 2020 lalu siap menjalankan fungsinya.

“Tindak pidana pemilu adalah penanganan terpadu dari tiga lembaga yakni Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Tiga lembaga ini saling kordinasi dalam menindaklanjuti adanya laporan ataupun temuan yang terindikasi tindak pidana pemilu,” ujarnya, Kamis (02/04/2020).

Meskipun begitu, Sengkey mengakui ada persoalan prinsip terkait masalah penanganan pelanggaran yang dibatasi waktu selama 5 hari. Kondisi waktu ini membutuhkan ekstra ketat dan fokus. Sebab, bila waktu penanganan pelanggaran melampawi batas waktu maka kasus akan kadaluarsa dan tidak bisa diproses lebih lanjut.

“Di sinilah kita membutuhkan ektra ketat dalam mencermati laporan ataupun temuan dan meskipun dengan batas waktu yang sangat sempit ini namun tidak akan menyurutkan langkah kami dalam memproses pelanggaran tindak pidana pemilu,” tegas Sengkey.

Ia juga menekankan harapan mengoptimalisasikan kerja kerja Gakkumdu Minsel tidak lepas dari kordinasi tiga lembaga ini, sebab dengan berkordinasi maka semua permasalahan dapat dituntaskan dengan baik dan sesuai espektasi.

”Sehubungan masalah ini adalah masalah tiga lembaga maka kunci dari semua masalah yang akan dihadapi nanti adalah kordiansi,” kata Sengkey.(ADVERT)

Baca Juga:  Skenario head to head di Pilgub Sulut semakin menguntungkan CEP-SSL
  • Bagikan