Pentingnya membaca data Covid-19 Manado di laman covid19.manadokota.go.id

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.co.id – Merebaknya virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado, membuat Pemerintah Kota Manado terus berinovasi memanfaatkan teknologi dan informatika, sejalan dengan visi Manado Kota Cerdas.

Kali ini data Covid-19 Kota Manado bisa diakses di laman covid19.manadokota.go.id, dimana tagging lokasi, heatmap orang dalam pengawasan (ODP) dan heatmap pasien dalam pengawasan (PDP) bisa diketahui.

“Pentingnya membaca data. Kenaikan drastis pasien positif (curva merah) di Kota Manado bukan hoaks. Masih meningkat belum melandai,” ujar Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado Liny Tambajong, Rabu (03/06/2020).

Untuk itu perlu usaha bersama lima helix (Pentahelix A-B-C-G-M) berkolaborasi beradaptasi dengan Covid-19.

“A (Academisi) Akademisi melakukan apa? B (Bussines) Pengusaha melakukan apa? C (Community) Masyarakat melakukan apa? G (Government) Pemerintah melakukan apa? M (Media) melakukan apa? Silahkan mengartikan sendiri ini sebagai tanda apa?, Apa yang harus kita lakukan? Dan apa yang sudah kita lakukan?,” ujarnya.

Ia pun mengajak public yang ingin mengetahui penyebaran Covid-19 dengan jelas dimana saja di Kota Manado, untuk mengunjungi https://covid19.manadokota.go.id.

Ketika masuk, akan ada panduan penggunaan Sipanser Covid-19. Perbesar peta untuk melihat jumlah titik akurat. Beberapa titik yang saling berdekatan terlihat menyatu pada pembesaran peta skala besar.

Titik lokasi merupakan titik acak (Random by System) wilayah yang tertera pada identitas kasus dan tidak menunjuk pada alamat persis masing-masing kasus, data yang ditampilkan akan terus diperbarui sesuai dengan informasi yang diterima melalui Pemerintah Kota Manado. Akurasi fitur cek lokasi bergantung dari hardware gadget yang digunakan.(DONWU)

Baca Juga:  Konpers akhir tahun 2019, GSVL bicara soal penghargaan, Manado Fiesta hingga KTP-E
  • Bagikan