Kurangi beban sampah kota dimulai dari rumah sendiri

  • Bagikan
Liny Tambajong.
Liny Tambajong.

MANADO, BERITASULUT.co.id – 5 Juni kemarin dirayakan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED), setiap tahunnya.

Tema besar Hari Lingkungan Hidup Dunia 2020 yang dirayakan Jumat (05/06/2020) kemarin adalah Time For Nature dengan fokus pada “Keanekaragaman Hayati” atau “Biodiversity”. Keanekaragaman hayati menjadi bagian dari kehidupan manusia yang diwujudkan dari makanan sampai obat-obatan.

Menurut worldenvironmentday.com, 87 dari 115 tanaman pangan global bergantung pada penyerbukan serangga atau hewan.

Keanekaragaman hayati, seperti tema Hari Lingkungan Hidup tahun 2020 ini, juga membantu agar dampak perubahan iklim tidak terjadi saat hutan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen ke udara yang kita hirup sambil terus menyejukkan bumi.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado Liny Tambajong yang juga konsisten dengan masalah sampah ini tak ketinggalan memberikan sedikit tips mengurangi sampah di Kota Manado.

“Selamat Hari Lingkungan Hidup. Memuliakan sampah. Langkah kecil yang saya lakukan untuk mengurangi beban sampah kota, mulai dari rumah sendiri,” ujar Kaban Liny, Sabtu (06/06/2020)

Dikatakanya, banyak cara sederhana yang dilakukan. Tidak ada bau busuk, adanya bau sehat.

“Ceritanya panjang, singkat cerita ini gara-gara si Covid, WFH (diantara laptop dan dapur) sehingga sayapun bisa memperlakukan sampah seperti ini. Jadilah 2 produk yang sangat bermanfaat untuk lingkungan. Eco enzym dan pupuk organic cair, saya persembahkan untuk pemulihan lingkungan dari pencemaran zat-zat kimia yang merusak lingkungan,” ujarnya.(DONWU)

Baca Juga:  Tahun 2021, nomenklatur Dinas Damkar berubah sesuai Permendagri 16/2020
  • Bagikan