Besok, Pokja PKP gelar Workshop Program KOTAKU melalui metode vidcon

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pokja Pengambangan Kawasan Pemukiman (PKP) Kota Manado bekerjasama dengan tim koordinator Kota Manado akan menggelar Workshop Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Manado, Selasa (30/06/2020) besok, melalui metode video conference (vidcon) dengan aplikasi zoom meeting.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado Liny Tambajong, selalu Ketua Pokja PKP Kota Manado mengatakan bahwa peserta yang diundang berasal dari tim Pokja PKP Kota Manado, pihak swasta dan media.

“Dengan harapan semua pihak dapat berkolaborasi dalam penanganan kumuh di Kota Manado,” ujarnya, Senin (29/06/2020).

Melalui workshop ini diharapkan juga dapat memahami kebijakan daerah dalam penanganan permukiman kumuh, adanya strategi pelaksanaan skala kawasan serta mekanisme koordinasi dan konsolidasi penanganan kumuh hingga adanya kesepakatan bersama untuk mendukung pelaksanaan program KOTAKU.

Salah satu target pembangunan nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025 adalah terwujudnya kota yang layak huni.

Hal ini kemudian dituangkan dalam amanah RPJPN tahun 2015-2019 melalui perwujudan kota tanpa permukiman kumuh, yang kemudian menjadi salah satu sasaran dalam Renstra DJCK 2015-2019 yang harus diimplementasikan melalui berbagai program peningkatan kualitas dan pelayanan infrastruktur permukiman di perkotaan.

Untuk menjawab hal tersebut, direktorat pengembangan kawasan permukiman telah melakukan penanganan kawasan kumuh perkotaan sejak 2015 untuk mendukung gerakan 100-0-100 yaitu dengan menyediakan 100% akses sanitasi yang salah satunya melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).(DONWU)

Baca Juga:  Peningkatan kualitas layanan kota wisata ramah air masuk RKPD Manado 2021
  • Bagikan