Ini penjelasan Saelangi soal proses PAW anggota KPU Mitra 

  • Bagikan
Salman Saelangi
Salman Saelangi

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Proses pergantian antar waktu (PAW) terhadap salah satu anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) atas nama almarhum Irfan Rabuka, sampai saat ini baru masuk tahap klarifikasi dan verifikasi berkas calon.

Namun disisi lain beredar informasi menyebutkan bahwa sudah ada undangan pelantikan dari KPU Republik Indonesia ke nomor 6 yakni Gladies Kawureng yang notabene adalah seorang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Mendengar hal tersebut, KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Kadiv Sosialisasi, Parmas dan SDM, Salman Saelangi, angkat bicara.

“Sepengetahuan kami belum sampai di tahapan itu. Karna sekarang masih pada proses klarifikasi dan verifikasi berkas PAW. Setelah itu dilaporkan ke KPU RI, karena pengambil keputusan akhir ada di KPU RI sesuai dengan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan PKPU 4 tahun 2020,” terang Saelangi saat dikonfirmasi Beritasulut.co.id via WhatsApp, Senin (06/07/2020).

Saelangi juga menambahkan bahwa pendelegasian wewenang KPU RI ke KPU Sulut hanya sebatas meminta berkas, verifikasi dan klarifikasi.

Sementara itu, saat ditanya apakah calon nomor urut 6 sebagai ASN, KPU akan melakukan klarifikasi ke Pemkab Mitra terkait ijin serta rekomendasi kepada yang bersangkutan atau seperti apa proses yang dilakukan, Saelangi menjawab singkat.

“Masih diplenokan. Karena ini hanya pendelegasian wewenang dari KPU RI,” tukasnya. (HENGLY)

Baca Juga:  David Lalandos resmi jabat "Panglima ASN" Mitra
  • Bagikan