Program dandes tahap I Desa Minanga Satu dan Makalu Selatan hampir rampung

  • Bagikan
Noldy Punusingon
Noldy Punusingon

PUSOMAEN, BERITASULUT.co.id – Untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa Minanga Satu, Kecamatan Pusomaen, Minahasa Tenggara (Mitra) mengalokasikan anggaran sebesar Rp.300 juta lebih yang bersumber dari dana desa (Dandes) tahap I tahun 2020.

Hukum Tua (Kumtua) Minanga Satu, Noldy Punusingon, mengatakan anggaran tahap satu ini untuk pembangunan drainase tertutup dan plat deuker serta program pemberdayaan.

“Untuk drainase sekaligus plat deuker panjangnya 200 meter lebih, anggarannya mencapai Rp.207 juta dan sudah selesai dikerjakan. Selain itu, ada juga program pelatihan-pelatihan dan pemberian modal usaha bagi masyarakat. Namun kemudian ada pergeseran anggaran akibat wabah virus corona dan anggarannya diperuntukkan bagi warga terdampak lewat program bantuan langsung tunai atau BLT,” terang Punusingon, Rabu (08/07/2020).

Dan untuk BLT, Punusingon melanjutkan tahap satu dan dua sudah terealisasi tinggal menunggu jadwal penyaluran tahap tiga. Ia juga menambahkan, ada perencanaan oleh pihak pemdes untuk pembangunan rapat beton di jaga I dan jaga II yang nantinya ditata pada program dandes tahap kedua.

Sementara itu masih di kecamatan yang sama tepatnya di Desa Makalu Selatan, pada dandes tahap pertama pihak pemerintah setempat juga memprogramkan pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat.

“Pada dandes tahap satu selain pemberdayaan kader, posyandu dan juga Paud, kita juga bangun penutup drainase di area jalan dari jaga 2, 3 serta jaga 4. Panjang 425 meter dengan anggaran sekitar 232 juta rupiah,” jelas Kumtua Desa Makalu Selatan, Meisye Pananginan, sembari menambahkan untuk realisasi BLT tahap satu dan dua telah selesai disalurkan kepada warga penerima. (HENGLY)

Baca Juga:  Fero Worang sebut Bupati James Sumendap arsitek birokrasi yang handal
  • Bagikan