Klarifikasi, KPU Sulut sambangi Pemkab Mitra

  • Bagikan
Suasana klarifikasi KPU Sulut ke Pemkab Mitra, di ruang Sekda
Suasana klarifikasi KPU Sulut ke Pemkab Mitra, di ruang Sekda

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), lewat Komisioner Salman Saelangi dan Lanny Ointu, menyambangi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra), Jumat (10/07/2020).

Disambut Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Marie Makalow dan juga dihadiri Komisioner KPU Mitra, Otniel Wawo, kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan klarifikasi terkait pergantian antar waktu (PAW) terhadap salah satu Komisioner KPU Mitra yang beberapa waktu lalu meninggal dunia yakni almarhum Irfan Rabuka.

Proses ini ditempuh mengingat calon PAW nomor urut 6 yakni Gladies Kawureng merupakan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Mitra.

Kadiv Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Sulut, Salman Saelangi menjelaskan, ada beberapa poin yang diklarifikasi ke pemkab, termasuk surat pemberitahuan Pemkab Mitra ke KPU Sulut tertanggal 24 Oktober 2018 silam.

Pasalnya, dalam surat pemberitahuan tersebut berisi tentang keikutsertaan bersangkutan dalam proses seleksi calon KPU Mitra yang kemudian sebagai ASN tidak mendapatkan rekomendasi tertulis dari Kepala Dinas Pendidikan Mitra sebagai atasan langsung dan tidak ada surat rekomendasi dari bupati Minahasa Tenggara selaku pejabat pembina kepegawaian.

“Ini berkaitan dengan verifikasi berkas calon PAW anggota KPU Mitra. Untuk itu, kami pun ingin memastikan kepada Pemkab Mitra menyoal surat pemberitahuan tersebut,” jelas Salman kepada Beritasulut.co.id, Jumat (10/07/2020).

Lanjut Salman, hasil klarifikasi ini terlebih dahulu akan diplenokan oleh KPU Sulut. Usai itu bila sudah ada kesimpulan maka hasil dari pleno tersebut selanjutnya dibawa atau dikirimkan ke KPU Republik Indonesia.

“Karena sesuai delegasi KPU RI ke KPU Sulut, tugas kami hanya sebatas melakukan klarifikasi dan verifikasi berkas calon PAW. Namun untuk keputusan finalnya adalah merupakan kewenangan KPU RI,” terang Salman. (HENGLY)

Baca Juga:  Polres Mitra berhasil meringkus tiga orang penambang tanpa izin
  • Bagikan