Walikota GSVL sosialisasi program KOTAKU di Mahawu

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut menghadiri kegiatan KOTAKU, yakni peletakan batu pertama dan sosialisasi massal program tersebut, di Kelurahan Mahawu, Kamis (16/07/2020) siang.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut menghadiri kegiatan KOTAKU, yakni peletakan batu pertama dan sosialisasi massal program tersebut, di Kelurahan Mahawu, Kamis (16/07/2020) siang.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) menghadiri kegiatan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), yakni peletakan batu pertama dan sosialisasi massal program tersebut, bertempat di Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting, Kamis (16/07/2020) siang.

Program KOTAKU adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”.

Yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas).

Program KOTAKU akan menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

“Dengan hadirnya program KOTAKU di Manado, saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri PUPR melalui BPPR di Sulut, telah memprogramkan perbaikan lingkungan di kota, dan kehadiran perbaikan melalui Kotaku ini menjadikan kota Manado makin lebih baik,” ujar Walikota GSVL.

Hari ini ada di Kelurahan Mahawu ada di Lingkungan IV dan VI yang melakukan perbaikan lingkungan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat khususnya pembukaan akses jalan, juga air bersih dan kegiatan lainnya ini sangat membantu masyarakat Manado semakin lebih baik kualitas hidupnya.

“Sukses terus untuk KOTAKU dan teman teman semua yang berjuang memperbaiki lingkungan hidup bagi masyarakat,” ucap Walikota GSVL.

Kepala Bapelitbangda Kota Manado Liny Tambajong berujar, melalui program KOTAKU ini, akan meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh untuk mendukung perwujudan permukiman yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

“Sehingga memperbaiki akses masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitas pelayanan di permukiman kumuh,” ujarnya.

Baca Juga:  Akhir pekan ini Pemkot Manado gelar Cap Go Meh

Hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan BPPW Sulut Halid Saleh, OSP 8 Sulut, Tim Leader Teddy Sulangi, sejumlah pejabat Pemkot Manado antara lain Asisten II Philips Sondakh, Koordinator Program KOTAKU Manado Hengky Erungan, Camat Tuminting Bonix Saweho.(DONWU)

  • Bagikan