Merdie sidak KTP, Pemdes Ratatotok Selatan perketat akses masuk tambang

  • Bagikan
Camat Ratatotok, Merdie Tania (kiri)
Camat Ratatotok, Merdie Tania (kiri)

RATATOTOK, BERITASULUT.co.id – Tindak lanjut dari apa yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di lokasi pertambangan Kebun Raya Megawati, Pemerintah Kecamatan Ratatotok, Minahasa Tenggara (Mitra) melakukan sweeping KTP bagi pelaku perjalanan yang akan memasuki area pertambangan.

“Yang melintas wajib menunjukan KTP serta surat jalan. Bila bukan warga Mitra kemudian tujuannya ke area tambang, maka kami tidak ijinkan masuk dan meminta untuk balik arah,” tegas Camat Ratatotok, Merdie Tania saat memimpin sidak KTP di pos jaga Basaan Raya, Senin (20/07/2020).

Lebih lanjut Tania mengatakan, bukan hanya KTP saja yang diperiksa, tapi juga barang bawaan menjadi fokus pemeriksaan dari tim. “Tadi kami menemukan senjata tajam berbentuk samurai dan cakram yang dibawa salah satu penambang, namun sajamnya sudah kami amankan dan orangnya sudah disuruh pulang,” ungkapnya.

Kumtua Ratatotok Selatan, Markus Korua (kedua dari kanan)

Demikian halnya Pemerintah Desa Ratatotok Selatan dengan melibatkan pihak kepolisian, perangkat desa dan BPD setempat secara aktif 1×24 jam melakukan penjagaan di pos menuju lokasi pertambangan.

“Akses utama masuk ke area tambang adalah dari Ratatotok Selatan dan Ratatotok Tenggara, makanya posnya disitu. Kemudian kita perketat pemeriksaan bagi yang melintas, baik KTP, surat jalan terlebih senjata tajam,” ungkap Hukum Tua Ratatotok Selatan, Markus Korua, Senin (20/07/2020).

Diakui Korua, dalam penertiban tersebut terdapat beberapa warga pendatang dari luar Mitra semisal dari Boltim, Minsel dan juga Minahasa. Kemudian secara santun dimintakan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke area tambang dan dipulangkan.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat supaya tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Saya juga mengajak seluruh warga agar mendukung langkah-langkah pemerintah karena ini demi kebaikan kita bersama,” tutup Korua. (HENGLY)

Baca Juga:  Dilantik hari ini, siapa Sekda Mitra masih dirahasiakan
  • Bagikan