Selain pemberdayaan, Pemdes Basaan Dua prioritaskan bangun saluran air bersih

  • Bagikan
Hukum Tua Desa Basaan Dua, Maekel Suak
Hukum Tua Desa Basaan Dua, Maekel Suak

RATATOTOK, BERITASULUT.co.id – Untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa Basaan Dua, Kecamatan Ratatotok, Minahasa Tenggara (Mitra) mengalokasikan anggaran sebesar Rp.300 juta lebih yang bersumber dari dana desa (Dandes) tahap I tahun 2020.

Hukum Tua (Kumtua) Basaan Dua, Maekel Suak, mengatakan anggaran tahap satu ini untuk pembangunan drainase, air bersih dan insentif kader serta program Bantuan Langsung Tunai atau BLT.

“Untuk drainase panjangnya 100 meter dan pengerjaannya sudah 90 persen hampir rampung. Selain itu, saat ini juga kami sedang membangun saluran air bersih sepanjang 720 meter dan sementara dikerjakan. Nanti saluran air bersih ini akan dialirkan bagi 274 kepala keluarga yang ada di Desa Basaan Dua,” terang Suak, Senin (20/07/2020) sembari menambahkan untuk sumber airnya diambil dari mata air Perkebunan Ma’aya.

Dan untuk BLT, Suak menerangkan bahwa tahap satu, dua dan tiga penyalurannya sudah terealisasi tinggal menunggu tahap berikutnya karna program bantuan langsung tunai ini diperpanjang sampai bulan September mendatang.

“Pemerintah sangat memperhatikan dan peduli akan kebutuhun masyarakatnya, apalagi ditengah situasi pandemi covid-19 saat ini. Jadi saya harap manfaat BLT ini agar supaya dipergunakan sebaik mungkin dan harus sesuai kebutuhan keluarga,” harap Suak.

Lanjut, Suak juga menambahkan untuk program kedepan yang ditata dalam dandes tahap dua dan tiga, pihaknya akan membangun drainase di dua titik. Dimana lokasi pertama panjangnya 58 meter kemudian di area puskesmas sekitar 158 meter. Selain itu ada juga penimbunan jalan lorong sepanjang 40 meter serta makanan tambahan. (HENGLY)

Baca Juga:  Usai dilantik, Hensly Pelleng langsung action di kantor KPU Mitra
  • Bagikan