Rekomendasi kegiatan usaha Indomaret cs di kecamatan menunggu kajian

  • Bagikan
Kepala Dinas PMPTSP, Hans Mokat
Kepala Dinas PMPTSP, Hans Mokat

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Ada beberapa tahap yang harus ditempuh retail modern seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi untuk mengantongi surat rekomendasi kegiatan usaha di 12 kecamatan yang ada di Minahasa Tenggara (Mitra).

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mitra, Hans Mokat bahwa untuk memperoleh rekomendasi tersebut Indomaret cs terlebih dahulu harus melewati proses kajian dari dinas-dinas terkait baik teknis, tata ruang, lingkungan, penataan parkir termasuk survei lokasi maupun kajian lainnya.

“Bila poin-poin itu sudah terpenuhi serta dianggap telah sesuai mekanisme dan syarat, maka kami baru mengeluarkan surat rekomendasi kegiatan usaha bagi pemohon. Tak perlu lama-lama, satu hari bisa langsung keluar surat rekomendasinya,” ungkap Mokat kepada Beritasulut.co.id, Rabu (22/07/2020).

Mokat pun menerangkan untuk uraian rekomendasi pertama berbunyi menyetujui melakukan kegiatan usaha setelah memperhatikan kajian teknis. Kedua dampaknya itu bisa meningkatkan perekonomian Minahasa Tenggara termasuk penyerapan tenaga kerja lokal. Dan rekomendasinya berlaku selama kegiatan usaha berlangsung.

“Namun dua tahun setelah dikeluarkan rekomendasi kemudian tidak ada kegiatan usaha maka bisa ditinjau ulang, bahkan sampai rekomnya dapat dicabut kembali. Atau misalkan melanggar kesepakatan kerjasama investasi pun juga kewajiban tidak dipenuhi,” terang Mokat. (HENGLY)

Baca Juga:  Pertama di Mitra, Selvie Lendombela kukuhkan Linmas Silian Satu
  • Bagikan