Bapelitbangda Manado jelaskan proses penginputan HSBGN di Workshop Kementerian PUPR

  • Bagikan
Workshop HSBGN Kementerian PUPR diikuti Bapelitbangda Manado.
Workshop HSBGN Kementerian PUPR diikuti Bapelitbangda Manado.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Workshop Harga Satuan Bangunan Gedung Negara (HSBGN) bertempat di Swiss-Belhotel Maleosan, Jalan Sudirman, Kota Manado, yanga digelar selama tiga hari, Rabu-Jumat (09-11/09/2020).

Acara yang dihadiri berbagai instansi terkait seperti Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Bagian Hukum, BPS, Dinas PUPR dan Setda dari seluruh Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara ini diawali dengan pemaparan mengenai HSBGN oleh Kementerian PUPR.

Dalam kegiatan ini seluruh Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara berkesempatan untuk melakukan diskusi melalui sesi tanya jawab dengan Kementerian PUPR mengenai dasar hukum, perhitungan, dan pengaplikasian HSBGN.

Pemaparan dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara memperlihatkan keberagaman harga satuan bangunan dikarenakan perbedaan demografis, seperti harga Kepulauan Talaud dan Sangihe lebih tinggi dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya, dikarenakan harga transportasi yang lebih tinggi.

Bapelitbangda Kota Manado melalui Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) turut melakukan presentasi bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado.

Dalam kesempatan ini Kabid PIPW Bapelitbangda Kota Manado Olfie Mangindaan menjelaskan mengenai proses penginputan HSBGN oleh pendata dari Dinas PUPR dan kemudahan dalam proses legalitas dikarenakan adanya Sistem Asistensi Produk Hukum (siyantiprohukum.manadokota.go.id).

Workshop diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh seluruh peserta.(DONWU)

Baca Juga:  Terobosan Kadis Esther, minta libatkan FAD di penyusunan Ranwal RKAD. Ini usulannya
  • Bagikan