Bapelitbangda Manado ikut kegiatan PPNS Penataan Ruang Daerah Wilayah III

  • Bagikan
Kegiatan PPNS Penataan Ruang Daerah Wilayah III.
Kegiatan PPNS Penataan Ruang Daerah Wilayah III.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado turut berkontribusi dalam agenda Operasionalisasi Kegiatan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Penataan Ruang Daerah Wilayah III, yang digelar di salah satu hotel di Jalan Sudirman, Manado, Selasa (20/10/2020).

Acara yang juga dihadiri oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Perkim Provinsi Sulawesi Utara, dan Dinas PUPR Kota Manado, membahas banyak hal mengenai fungsi dan tujuan Sekretariat PPNS.

Dilansir dari laman atrbpn.go.id, PPNS Penataan Ruang berwenang untuk melakukan penyidikan terhadap pelanggaran pemanfaatan ruang dengan indikasi tindak pidana penataan ruang. Saat ini, penyelenggaraan penataan ruang di Indonesia termasuk pada tahap pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang.

“Karenanya, peran PPNS Penataan Ruang penting untuk mewujudkan pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang,” ujar Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian PUPR, yang disampaikan Kabag Hukum dan Perundang-undangan Lam Ida Butarbutar.

Dikatakanya, kebutuhan akan jumlah PPNS Penataan Ruang minimal setiap provinsi/kabupaten/kota membutuhkan 3 (tiga) orang, terdiri dari 1 (satu) orang untuk atasan langsung/penyidik, dan 2 (dua) orang untuk staf penyidik.

“Hal ini membutuhkan perhatian dari semua pihak jika ingin meningkatkan kualitas pengendalian pemanfaatan ruang,” tukasnya.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan diskusi mengenai hal-hal yang sedang menjadi perhatian anggota PPNS sesuai dengan kewenangannya.(DONWU/ATRBPN)

Baca Juga:  Salurkan bansos tokoh agama tahap II, GSVL: Doakan terus supaya Covid-19 cepat berlalu
  • Bagikan