Kadishub Manado ungkap upaya Menhub pulihkan ekonomi terdampak Covid-19

  • Bagikan
Kadishub Manado, Michael Tandirerung.
Kadishub Manado, Michael Tandirerung.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus bergerak cepat untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor-sektor yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya di sektor transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado Michael Tandirerung mengungkapkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melakukan upaya-upaya, pertama ialah percepatan penyusunan Peraturan Menteri Perhubungan dan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal baik itu matra darat, laut, udara dan kereta api tentang transportasi berbasis protokol kesehatan.

Kedua, memberikan stimulus penyerapan anggaran. Ketiga, mendukung program padat karya, dan sejumlah program lainnya. Kami juga memberikan stimulus subsidi tiket pesawat.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan hampir seluruh sektor bisnis, termasuk sektor transportasi. Tidak hanya gerak mobilisasi masyarakat saja yang menjadi terbatas, pembatasan operasional transportasi turut memberikan guncangan di sektor ini.

Data Badan Pusat Statistik menyebutkan, PDB sektor logistik (transportasi dan pergudangan) terkontraksi 30,84 persen yoy pada triwulan II 2020. Pukulan terberat adalah pada angkutan udara, yaitu terjadi penurunan sebesar 80,23 persen.(LIP6/DONWU)

Baca Juga:  Download di sini, daftar pejabat eselon III dan IV Pemkot Manado yang dilantik 14 Januari 2022
  • Bagikan