Kapolres Rudi Hartono : Peran pers sangat penting tangkal berita hoax

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra), AKBP Rudi Hartono, mengajak seluruh insan pers setempat untuk sepenuhnya dapat membantu tugas-tugas yang dilakukan pihak kepolisian.

“Rekan-rekan wartawan diharapkan dapat menyebarluaskan informasi melalui berita-berita yang mengedukasi dan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat,” pinta Hartono disela-sela ngopi bareng rekan-rekan wartawan, Selasa (3/11/2020) di Zabbua Cafe Ratahan.

Sebagai mitra kerja kepolisian, Hartono pun meminta seluruh pekerja pers dapat menyampaikan seluas-luasnya setiap himbauan Polres Mitra kepada masyarakat. Selain itu, ia juga mengatakan terkait permasalahan kamtibmas dimana pihaknya sudah melakukan upaya-upaya prepentif dengan menggelar patroli rutin setiap malam.

“Semua hal yang sudah dan akan dilakukan Polres Mitra, saya dan jajaran membutuhkan rekan-rekan semua untuk bisa memberikan informasi kepada masyarakat bahwa polisi sudah bekerja dan bertindak sesuai kewenangannya,” tukas Hartono.

Lanjut Hartono, peran media juga sangat penting dalam menyajikan berita-berita kredibel sehingga bisa menangkal adanya berita-berita hoax yang berkembang di Kabupaten Minahasa Tenggara,” kata Hartono.

Kapolres berharap tidak ada sekat antara kepolisian dan pekerja pers. Ia pun meminta informasi apa saja yang diperoleh dalam tugas-tugas peliputan khususnya yang berkaitan dengan persolan hukum rekan-rekan wartawan untuk dapat melakukan konfirmasi atau klarifikasi. “Jam berapa pun kalo rekan-rekan ingin menghubungi saya, selama masih ada signal pasti saya jawab. 1×24 jam pasti saya jawab,” kata Hartono.

“Sekali lagi saya harap ada kerja sama yang baik diantara kepolisian dengan pekerja pers. Ibaratnya simbiosis mutualisme. Polri membutuhkan wartawan untuk mempublikasikan kegiatannya, sebaliknya wartawan memerlukan Polri sebagai objek pemberitaan. Jadi kalau ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan, silahkan. Jajaran Polres selalu terbuka dengan rekan-rekan wartawan,” tambahnya.

Baca Juga:  Dukung program bupati, Pemdes Tombatu Dua Barat perketat penanganan covid-19

Turut hadir Wakapolres Kompol Stiven Simbar, Kabag Ops Kompol Markus Sambodeside, Kasat Reskrim Iptu Muhammad Hasbi, Kasat Intel Ipda Victorrico Andriadhi, Kasubag Humas serta jajaran Polres Mitra. (HENGLY)

  • Bagikan