Terapkan protap Covid-19, KPU Mitra ajak pemilih jangan takut datang ke TPS

  • Bagikan
KPU Mitra goes to school
KPU Mitra goes to school di SMA Negeri Kecamatan Touluaan Selatan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Hari pemungutan suara yang semakin dekat atau tinggal 25 hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus berpacu mensosialisasikan tahapan, program maupun jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020.

Sosialisasi kali ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Pertama, pada pagi harinya KPU Mitra menyasar pemilih pemula di SMA Negeri Kecamatan Touluaan Selatan, kemudian usai itu dilanjutkan di Kecamatan Ratatotok dengan segmen komunitas.

Agenda yang digelar pada Jumat (13/11/2020) kemarin menghadirkan dua komisioner KPU Sulut seperti Yessi Momongan selaku Ketua Divisi Tehnis Penyelenggara dan Salman Saelangi selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

KPU Mitra dengan segmen komunitas di Kecamatan Ratatotok

Pada kesempatan tersebut Yessi mengatakan bahwa dengan situasi pandemi covid-19 saat ini, pelaksanaan pilkada kali ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab untuk pemilihan sekarang harus menerapkan disiplin protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Karena kita harus menghindari dari klaster baru di pilkada ini. Apalagi proses pemilihan nanti pada Rabu 9 Desember semua tahapan di TPS dilakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Baik saat pemilih menerima form C6 pemberitahuan memilih, telah tertulis bahwa pemilih yang datang ke TPS harus membawa pulpen sendiri, memakai masker dan menjaga jarak,” terang Yessi.

Selain itu, Yessi juga menambahkan ketika pemilih datang ke TPS harus mencuci tangan terlebih dulu, kemudian diukur suhu tubuh dan menggunakan sarung tangan plastik sekali pakai yang sudah disiapkan di TPS. Sehingga pemilih tidak akan bersentuhan langsung dengan peralatan dan kertas surat suara. Bahkan selesai mencoblos, pemilih harus segera kembali ke rumah masing-masing agar tidak terjadi kerumuman di TPS.

“Jadi, pemilih jangan kuatir ketika datang ke TPS sebab semua petugas KPPS kami aman dari virus corona, karena sudah di rapid test terlebih dahulu dengan hasil non reaktif,” ajak anggota KPU Sulut dua periode ini.

Baca Juga:  Merdie sidak KTP, Pemdes Ratatotok Selatan perketat akses masuk tambang

Selanjutnya, Salman Saelangi pun mengajak masyarakat Mitra untuk ikut berpartisipasi pada pilgub kali ini. Ia juga meminta tokoh masyatakat, tokoh agama dan pemerintah untuk sama-sama turut mensosialisasikan kepada masyarakat agar datang ke TPS pada Rabu 9 Desember mendatang.

“Karena 9 Desember nanti merupakan hari libur, sehingga semua wajib pilih tidak beraktivitas diluar, sebab pemerintah meliburkan hari pemungutan suara. Saya berharap masyarakat Mitra dapat berperan aktif untuk mensukseskan pelaksanaan Pilgub pada hari Rabu 9 Desember nanti,” harap Salman.

Ditambahkan Wolter Dotulong pihak KPU Mitra telah siap melaksanakan pilgub kali ini dengan berbagai persiapan termasuk juga test Swab terhadap jajaran KPU dan sekretariat yang sudah dilakukan. “Selain itu jajaran PPK, PPS, sekretariat dan KPPS juga sudah dilakukan rapid test. Sekarang pun tinggal menunggu jadwal bimbingan teknis bagi KPPS terkait pelaksanaan pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS,” terang Ketua KPU Mitra ini.

Turut hadir menyampaikan materi dalam sosialisasi kali ini Kadiv Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Mitra, Otniel Wawo, Kadiv Perencanaan data dan Informasi Hensly Pelleng serta Otnie Tamod selaku Kadiv Hukum dan Pengawasan. (HENGLY)

  • Bagikan