Data pemilih jadi bahan evaluasi KPU Mitra untuk pemilu kedepan

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menyelenggarakan rapat evaluasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Kamis (11/2/2021), di Cafe Seledan Tombatu.

Dengan menghadirkan peserta seperti pemantau pemilu, insan pers serta mantan penyelenggara ad hoc baik PPK, PPS maupun PPDP, rapat evaluasi terkait perencanaan, data dan informasi tersebut dibuka Ketua KPU Mitra, Wolter Dotulong.

Komisioner KPU Mitra kordiv Perencanaan, Data dan Informasi, Hensly Pelleng, mengatakan kegiatan ini merupakan proses yang diharapkan bisa menjadi wadah untuk mendapatkan masukan-masukan sebagai bahan evaluasi, bahkan sebagai referensi untuk pemilu kedepan agar lebih baik, terlebih berkaitan dengan data pemilih.

“Jaminan data pemilih yang akurat dan valid menjadi salah satu indikator yang sangat penting dalam pelaksanaan demokrasi yang berkualitas seperti pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020 yang baru saja kita lewati,” kata Pelleng.

Untuk itu menurut Pelleng, pihaknya akan mengidentifikasi wilayah-wilayah yang mengalami kendala saat proses pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih sebelumnya.

“Karena itu diperlukan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan guna tercapainya validitas dan terpeliharanya daftar pemilih yang up to date guna peningkatan kualitas demokrasi baik pemilu maupun pilkada dimasa akan datang,” terang Pelleng.

Adapun kegiatan evaluasi tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointu, dengan tiga narasumber seperti Komisioner Bawaslu Mitra Amran Ibrahim, Kadis Dukcapil Mitra Elly Sangian serta pemerhati Pemilu Markus Wantania. (HENGLY)

Baca Juga:  Demokrat resmi buka pendaftaran calon Walikota Manado 2020
  • Bagikan