Kabar duka! Wagub Sulut pertama Abdullah Mokoginta tutup usia

  • Bagikan

Kotamobagu, BERITA SULUT – Kabar duka kembali menyelimuti Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Mantan Wakil Gubernur Sulut Hi Abdullah Mokoginta tutup usia pada Senin (16/08/2021) di Kota Kotamobagu. Almarhum wafat di usia 86 tahun.

Ayah kandung dari putri putra, Nita, Lisa, Mutu Bulan Mokoginta dan Marini ini sepanjang hidupnya meniti karir sebagai abdi negara setelah menyelesaikan studinya di Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta.

Wakil Gubernur Sulut pertama, periode 1986-1991 di masa Gubernur CJ Rantung (1985-1995) juga pernah menjabat Pembantu Wakil Gubernur Wilayah II di Gorontalo (1983). Ia juga pernah menjabat Ketua PMI Sulut di era Ketua Umum PMI Pusat Ibnu Sutowo.

Setelah pensiun dari karir birokrat, Papa Yani, begitu ia disapa, ikut dalam Pemilu 1997 dan terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Golkar (Fraksi Karya Pembangunan) periode 1992-1997.

Keteladanan sosok dan watak Papa Yani di sepanjang karir birokrat dan politik pemerintahan hingga akhir hayatnya mencerminkan suatu konsistensi dan otentifikasi moral hidup yang jauh dari sikap aji mumpung dan godaan kekuasaan yang korup dan manipulatif.

Inilah modal keteladan tokoh Sulut asal Bolmong yang jarang dicontoh oleh kader-kader birokrat dan politik dewasa ini dari daerah asalnya.

Seperti tertuang dalam biografinya: Memoar Anak Desa Bilalang (2010) yang ditulis oleh Muliadi Mokodompit dan Iqbal Setyarso.

“Keteladannya lebih kuat dari sekedar kata-kata” yang selama ini dipenuhi narasi gombal dan palsu.

Baca Juga:  Keras! Ini pesan Ferry Liando kepada 5 kepala daerah yang baru dilantik
  • Bagikan