Danau Seledan di Desa Tombatu Dua Barat “diserbu” ratusan ribu benih ikan Nila

  • Bagikan
Wakil Bupati Jocke Legi dan Hukum Tua Audy Ngantung saat menerima bantuan 130 benih ikan Nila, kemudian oleh Wakil Bupati Jocke Legi saat menebar benih ikan Nila di Danau Seledan, pada Selasa 23 November 2021.

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Danau Seledan yang berada di Desa Tombatu Dua Barat, Kecamatan Tombatu Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), “diserbu” 130 ribu benih ikan Nila. Kejadian ini terjadi pasca Wakil Bupati Jocke Legi melepas atau menebar ratusan ribu benih ikan Nila tersebut pada Selasa (23/11/2021).

Ratusan ribu benih ikan Nila ini merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Dinas Perikanan Mitra.

Dan atas bantuan tersebut, Wakil Bupati Jocke Legi menyampaikan terima kasih sekaligus berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami sebagai pemerintah, masyarakat Minahasa Tenggara, khususnya di seputaran Tombatu Raya sangat berterima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, atas bantuan benih ikan Nila ini, sehingga bisa dilepas di Danau Seledan pada hari ini. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Jocke.

Jocke juga mengatakan, lokasi Danau Seledan yang strategis bisa menjadi tempat atau pusat wisata dan rekreasi kedepan.

“Ada recofusing anggaran karena covid, sehingga pengembangan wisata di Danau Seledan agak tertunda. Namun nantinya diharapkan tahun depan bisa di revitalisasi dan bisa menjadi lebih menarik dengan menambah lampu-lampu disekitaran danau. Danau ini terletak ditengah Kecamatan Tombatu Utara yang merupakan bagian dari Pemkab Mitra dan kami menyerahkan pengelolaan ini kepada pemerintah desa, supaya nanti disaat ikan-ikannya besar bisa bermanfaat bagi masyarakat,“ tukas Jocke.

Kesempatan yang sama, Hukum Tua Desa Tombatu Dua Barat, Audy Ngantung yang mendampingi Wakil Bupati Jocke Legi pada saat penerimaan bibit ikan mengharapkan ada respon positif dari masyarakat.

“Apa yang diusahakan oleh pemerintah untuk bantuan benih ikan ini adalah sebagai langkah awal untuk program-program kedepan sekaligus melihat respon masyarakat. Kalau ini berkembang, kami akan usahakan ada bantuan juga alat untuk memproduksi Pakan,” harap Audy.

Baca Juga:  Empat pejabat Pemkab Mitra saling tukar posisi, dua lainnya definitif

Sementara itu, Ruud Goni selaku Kepala Seksi Kenelayanan dan Kelembagaan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini merupakan restocking dalam rangka pemulihan sumber daya ikan.

“Tujuan restocking ini adalah memulihkan kembali ekosistem ikan yang ada di Danau Seledan, setelah sebelumnya telah ditangkap para nelayan yang memancing. Maka itu ditambah dengan benih ikan yang baru supaya berkembang biak, sehingga mengembalikan ekosistem ikan di danau ini,” ungkap Ruud. (HENGLY)

  • Bagikan